Zakariya bin Muhammad bin Ahmad bin Zakariya al-Anshari as- Sunaiki, lahir di Sunaiki Mesir Timur 825 H - dan wafat di Kairo 925 H. Beliau adalah seorang bapak pendididikan pada masanya. Mengapa demikian? Karena beliau adalah ahli dalam berbagai disiplin Ilmu keagamaan dan menyusun kitab yang memudahkan bagi pelajar yang meliputi Tafsir, Hadist, Fikih, Usul Fikih, Qiro'at, Mustolahul Hadis, Tasawuf, dan lain-lain.
Selain sebagai ulama yang mutabahkhir fil ulum al diniyyah, beliau juga seorang ulama yang sangat perhatian terhadap para pelajar. Hal itu dapat kita lihat dari Hampir seluruh karya-karya beliau yang berorientasi untuk memudahkan para pelajar dalam memahami disiplin ilmu tertentu yang akan di pelajari. Beliau juga salah satu dari sekian banyak ulama Syafiiyyah yang sangat produktif dalam karya ilmiah.
Dari keproduktifan beliau itu, ada hal luar biasa dan unik yg beliau sering lakukan yaitu membuat karya mukhtasor (ringkasan/matan) hampir dalam setiap disiplin ilmu agama, dan uniknya lagi setelah beliau membuat karya mukhtashor, kemudian beliau sendiri yang mensyarah. Hal itu bisa kita lihat pada Ringkasan beliau dalam Ushul Fikih (Lubbul Usul ), yang merupakan ringkasan kitab Jam'ul Jawami karya Tajuddin Ash-Subki, yang pada masa itu Jam'ul Jawami' terkenal dengan kitab yang cukup ringkas.
Selain itu beliau juga membuat karya mukhtasor dalam ilmu Fikih (Manhajut Tullab dan Takhrir/ Tuhfah Tullab), yang keduanya meringkas kitab Minhajut Tholibin karya Imam nawawi dan Abu Zar'ah al Iroqi.
Dalam muqoddimah kitab-kitab di atas, beliau memberikan alasan pembuatan karya-karya tersebut, yaitu untuk mempermudah para pelajar dalam menghafal dan memahami. Setelah beliau meringkas ternyata beliau sendiri pula yang mensyarah.
Hal itu belum pernah ditemukan sebelumnya pada kultur ilmiyah para ulama syafiiyah. Yang umum dan berlaku justru seorang murid meringkas karya gurunya atau sebaliknya seorang murid mensyarakh karya gurunya. Misalnta kitab karya Imam syafii, Al Umm, yang kemudian diringkas oleh muridnya menjadi Mukhtashor al Mizany, selanjutnya murid Imam Muzani yaitu Imam al Juwainy meringkas kitab gurunya tersebut menjadi Nihayatul Matlab Fi Diroyatil Madzhab, begitu seterusnya budaya ilmiyah yang terjadi dikalangan Ulama kita.
Dari budaya semacam itu lantas Imam Zakariya al Anshori mungkin memodifikasi kembali sehingga ada keunikan dalam tipologi mendidik yg digunakan oleh beliau, yaitu meringkas kitab agar para pelajar mudah untuk menghafalnya, lantas setelah itu beliau mensyarah kitabnya.
Hal tersebut bisa dilihat di karya-karya beliau berikut ini:
Manhajut Tullab disyarah menjadi Fathul Wahab, Lubbul Usul menjadi Ghoyatul Wusul, Takhrir menjadi tuhfah at tullab dan lain-lain.
Dari itu bisa memberi gambaran, begitu perhatiannya beliau kepada para pelajar sehingga beliau mempunyai metode tertentu yg mungkin pada saat itu masih belum familiar di kalangan para ulama saat itu.
Adapun karya-karya beliau antara kain:
- Fathur rahman (Tafsir)
- Tahrir Tankih Lubab (Fikih)
- Tuhfatut Tullab (Fikih)
- Manhajut tullab (Fikih)
- Fathul Wahab (Fikih)
- Lubbul Usul (Usul Fikih)
- Ghoyatul Wusul (Usul Fikih)
- Asnal Matalib (Fikih)
- Syarah Risalah Al Qusairiyah (Tasawuf).
(HM Abdulloh Rif'an, Pimpinan dan Guru Madrasah Muallimin Muallimat)