Tugas Pokok Dan Fungsi Wali Kelas Ditegaskan Lagi

18 Juli 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 391 Kali

Muallimin Online,
Sebagai upaya untuk mengoptimalkan dan menegaskan kembali tugas pokok dan fungsi wali kelas, pada Kamis (16/07) Pimpinan Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum menyelenggarakan Rapat Pimpinan dan Wali Kelas.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Madrasah yang diwakili Wakil Kepala, KH M Imron Rosyadi dalam sambutannya menyatakan bahwa, dalam kondisi seperti sekarang, dimana pandemi Covid-19 masih terjadi, maka kita tidak bisa masuk secara normal. "Karena itu, apa yang bisa kita lakukan, itu yang akan kita lakukan, al maisur la yasquthu bil ma'sur. Yang bisa mudah tidak lantas menggugurkan semuanya, karena ada kesulitan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan kepada wali kelas agar memahami teknis kegiatan belajar mengajar secara daring dan luring. Agar proses pembelajaran bisa dilakukan dengan baik. Pembelajaran online membutuhkan kerja yang baik semua wali kelas. Karena wali kelas merupakan kunci bagi pelaksanaan pembelajaran online.

Secara teknis, pembalajaran online akan dilakukan dua sesi, yaitu sesi pertama dari pukul 08.00 - 10.00 dan
 sesi kedua pukul 10.30 - 12.30. Adapun mata pelajaran yang disampaikan tidak semua mata pelajaran. Dipilih mata pelajaran pokok dan kesiapan guru pengajar.

Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan belajar online adalah aplikasi yang familiar bagi sebagian besar siswa dan biayanya yang paling murah. Aplikasi yang telah ditentukan dengan pertimbangan tersebut adalah Whatsapp.

Rapat juga menegaskan kembali tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) wali kelas, salah satunya adalah tanggung jawab mendampingi kelas, terutama dalam pembinaan siswa sebelum ditangani guru Bimbingan dan Konseling. Hal ini ditegaskan agar tugas pokok dan fungsi wali kelas sebagai garda depan (front line) Madrasah di hadapan siswa dan wali siswa benar-benar optimal. (ma)


Wali Kelas Tupoksi Muallimin

blog comments powered by Disqus