Soal USBN MA Bahasa Asing Banyak Yang Salah

1 Maret 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 233 Kali

Muallimin Online,
Soal Bahasa Asing Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Madrasah Aliyah (MA) yang dibuat oleh Kementerian Agama Jombang membuat peserta ujian kebingungan karena ada beberapa yang salah dan tidak lengkap.
 
Hal ini dirasakan oleh beberapa peserta ujian dari Madrasah Muallimin Muallimat 6 Bahrul Ulum, hari ini, Jumat (01/03). Beberapa guru pengawas beberapa kali ditanya oleh siswa siswi peserta ujian. Pertanyaan disampaikan karena ada beberapa soal yang kurang lengkap.
 
Kekurangan yang nampak jelas adalah ada perintah soal yang digaris bawah, tetapi dalam lembar soal tidak ada garis bawah. "Soal bahasa asing, no 11 tdk ada garis bawahnya," tulis Samsul Maarif, salah satu guru pengawas melalui pesan WA.
 
Ada lagi dari guru pengawas lainnya, Ach. Zainuri, "Soal bahasa asing, no 44 tdk ada garis bawahnya".
 
Guru pengawas lain, H. Abdullah Rifan, juga menanyakan dan meminta penjelasan hal yang sama. "Mohon jawabannya... soal Bahasa Asing no 11. Di intruksi tertulis tuliskan padanan kata lafadz yg bergaris bawah. Tp ga ada garis bawah nya...," tanyanya dalam WAG yang berbeda.
 
Kondisi ini tentu mengganggu proses ujian yang sedang berlangsung. Meskipun peserta ujian tidak seberapa peduli, karena standar isi soal Bahasa Asing ini, bagi peserta ujian dirasa masih di bawah. "Bisa, dan tidak sulit. Yang sulit itu jika yang buat soal dari guru Muallimin sendiri," kata salah satu siswi ketika ditanya tentang kesulitan soal ujian Bahasa Asing.
 
Menurut H. Abdullah Rifan soal ujian Bahasa Asing yang diujikan hari ini terlihat ada yang copy paste saja. "Saya melihat, tentu dengan ciri-ciri yang sudah saya ketahui. Soal Bahasa Asing yang dibuat ini beberapa ada yang copy paste dari sumber mana gitu,"katanya menilai soal Bahasa Asing.
 
Hal ini mungkin bisa dijadikan koreksi bagi Kantor Kementerian Agama Jombang ke depan, agar dalam membuat soal tidak sembarangan. Betul-betul selektif dalam memilih tim penyusun soal. Karena ujian ini adalah Ujian yang berstandar Nasional. (ma)

USBN Madrasah Aliyah Kemenag RI Jombang Muallimin

blog comments powered by Disqus