Setelah 4 Tahun, Madrasah Kembali Selenggarakan Workshop RKM

12 Januari 2021 | Madrasah | Admin | Dilihat 208 Kali

Muallimin Online,
Setelah 4 (empat) tahun menjalankan program yang dirumuskan dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM), hari ini, Selasa (12/01), Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, yang secara formal disebut MTsS dan MAS Muallimin Muallimat, kembali menyelenggarakan workshop Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan RKM.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala MAS Muallimin Muallimat, H. Abdul Rokhim Maruf, menyampaikan bahwa, kegiatan ini adalah dalam upaya memperbaiki pelayanan pendidikan.

Dia juga berharap Tim Inti Madrasah yang telah disahkan dalam Surat Keputusan untuk
bekerja sesuai job diskripsi sampai waktu yang telah ditentukan. "Saya berharap kepada seluruh anggota Tim untuk bekerja sesuai dengan job yang telah ditentukan," katanya.

"Tugas penyusunan RKM tidak mudah, karena itu semua anggota Tim dimohon bekerja keras dan, tentu tetap menjaga kesehatan, serta bekerja dengan tetap menjalanlan protokol kesehatan," harapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Timur Madrasah ini difasilitasi oleh H. Asy'ariy dan HM Fuad, Pengawas MTs dan Ma dari Kantor Kemenag RI Jombang.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 20 orang anggota Tim tersebut, HM Fuad menyampaikan tentang pelaksanaan RKM untuk MAS Muallimin Muallimat, yang  seharusnya selesai disusun pada Desember 2020. Namun karena kondisi masih pandemi, maka RKM tertunda, dan harus berakhir akhir Januari 2021.

Lebih lanjut, Pak Fuad menyampaikan bahwa, kegiatan penyusunan RKM sistem alurnya harus lengkap dengan bukti dokumen tertulis, antara lain SK Tim, rapat tugas Tim, rapat program Tim, Tim bekerja dan, rapat finalisasi tim. 

Menurutnya, RKM harus berbasis 8 Standar Nasional Pendidikan, dan jika sudah selesai, selanjutnya diinput ke E-RKAM.

Selanjutnya, Pak Asy'ari menyampaikan bahwa, program yang disusun harus mengacu ke MEQR (Madrasah Education Quality Reform). "Program yang sudah tersusun di RKM tersebut akan diacukan ke MEQR (Madrasah Education Quality Reform)," tambahnya.

Di akhir pertemuan pertama Tim ini, Kepala MTsS Muallimin Muallimat, H. Imron Rosyadi mengucapkan terimakasih kepada Pengawas Kemenag. "Kami menganggap, Pengawas sebagai bagian dari Madrasah. Karena itu bantuan dan arahannya sangat dibutuhkan," pungkasnya. (ma)


RKM E-RKAM EDM Kemenag RI

blog comments powered by Disqus