Semua Siswa Diharap Bisa Khutbah Jumat

4 Oktober 2018 | Ruang Siswa | Admin | Dilihat 148 Kali

Muallimin Online,

Alumni siswa Muallimin Muallimat 6 Tahun Tambakberas, selama ini, saat sudah kembali ke rumah atau ke masyarakat, sebagian besar -kalau tidak dikatakan semua- bisa dipastikan mendapat jatah untuk menjadi khotib Sholat Jumat

Hal tersebut disampaikan saat pembekalan khatib Jumat bagi siswa Muallimin, pada Jumat (14/09/2018) yang lalu.

Pembekalan yang diikuti oleh sekitar 50 orang siswa tersebut, dihadiri Waka Kesiswaan Madrasah, Bambang Hariadi. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa, akan lebih baik jika semua siswa memiliki kesempatan untuk praktek khutbah Jumat di masjid yang ada di wilayah-wilayah sekitar Jombang. Karena semua siswa Muallimin akan diminta untuk berkhutbah di masjid dimana mereka akan bertempat tinggal nanti.

Pembekalan yang diberikan kepada para siswa antara lain terkait dengan syarat sholat Jumat, rukun khutbah Jumat dan syarat khutbah Jumat. Materi tersebut diambil dari kitab Manhajut Thullab yang selama ini dipelajari dan menjadi kitab pegangan siswa mulai kelas 1 sampai kelas 6. Setelah menerima materi, semua siswa langsung praktek satu per-satu.

Separuh dari jumlah peserta, yang terdiri kelas 4, praktek menjadi khotib, sedangkan separuhnya praktek menjadi bilal, yang sebagian besar kelas 3. Sementara beberapa siswa kelas 5, yang tahun sebelumnya bertugas aebagai khatib Jumat, pada hari itu membantu para pembina untuk memberikan masukan kepada siswa yang praktek.

Mulai Khutbah Jumat

Sejak Jumat Wage (21/09)siswa yang mengikuti pembekalan mulai terjun ke masjid-masjid. Pertama di masjid-masjid wilayah kecamatan Megaluh. Selanjutnya pada Jumat Legi (28/09) di masjid-masjid wilayah kecamatan Plandaan. Selanjutnya setiap hari pasaran Jumat (Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon) bergilir di beberapa masjid yang berada di kecamatan-kecamatan di Jombang. (ma)


Khutbah Jumat Siswa Muallimin Masjid Rukun khutbah Tambakberas

blog comments powered by Disqus