Sekilas Tentang Penguji Ujian Baca Kitab 2019

24 Maret 2019 | Ruang Guru | Admin | Dilihat 1083 Kali

Muallimin Online,
Dalam Ujian Akhir Baca Kitab (UABK) tahun 2019, yang diselenggarakan hari ini, Ahad (24/03), Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum mengundang 11 (sebelas) orang penguji dari luar (eksternal) Madrasah, disamping 11 orang dari penguji internal (guru) Madrasah.

Penguji-penguji eksternal tersebut antara lain: Dr KH Mustain Syafii, dosen Universitas Hasyim Asyari Tebuireng, dan pengajar di Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Kiyai Mustain merupakan salah satu Kiyai di Jombang dan di Jawa Timur yang memiliki kepakaran dalam bidang Tafsir al Quran. Selama ini Kiyai Mustain menulis tema tentang tafsir al Quran di beberapa media.

Dr. KH Makinudin, dosen senior di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kiyai Makinudin juga dosen senior di Fakultas Syariah dan Paska Sarjana Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang. Kapakarannya terutama dalam hukum keluarga (Fiqh ahwal assyakhsiyah).

KH Taufiqurrahman Muhid. Pengasuh PP Sunan Ampel Jombang ini, saat sebagai salah satu Mustasyar PCNU Jombang. Disamping itu juga sebagai Mursyid Thoriqoh, Kiyai Taufiq juga merupakan salah satu pakar dalam Ilmu Falak.

KH Ali Tsauri. Saat ini Kiyai Ali menjadi dosen senior di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kiyai Ali Tsauri merupakan putra tertua dari KH Abdul Djalil, Kepala Madrasah Muallimin Muallimat tahun 1980 sampai akhir 1990-an.

KH Salim Azhar. Saat ini menjabat sebagai Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lamongan. Kiyai Salim juga pengasuh Pondok Pesantren di Sendangduwur Paciran Lamongan.

KH Mujib Imron. Pengasuh PP Al Yasini Pasuruan. Saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Pasuruan. Sebelumnya mantan Ketua PCNU Pasuuan ini, juga dikenal dalam berbagai forum Bahtsul Masail di lingkungan NU Jawa Timur.

KH Maksum Zen. Dosen di UIN SA dan Undar Jombang. Kepakaran kiyai Maksum dalam kitab kuning diwujudkan dengan menulis berbagai buku yang referensinya dari berbagai kitab kuning.

KH Mukhlis Dimyati. Pengasuh PP Darul Falah Cukir Diwek ini adalah salah satu pegiatan bahtsul masail di lingkungan Nahdlatul Ulama. Kiyai alumni PP Lirboyo ini, saat ini sebagai salah satu wakil Rais Syuriah PCNU Jombang.

KH Afifudin Dimyati. Merupakan Kiyai Muda alumni Universitas Al Azhar Mesir. Aktif menulis beberapa buku, terutama terkait dengan kajian al Quran. Saat ini, disamping sebagai salah satu pengasuh di PP Darul Ulum Rejoso, juga sebagai ketua Aswaja Center PCNU Jombang.

Itulah sebagian penguji UABK yang diundang oleh Madrasah. Harapannya, sebagaimana yang telah disampaikan Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah, bahwa dengan mengundang dan meminta penguji dari luar Madrasah, akan bisa menguji kemampuan siswa secara lebih independen, serta memberi kepercayaan kepada siswa akan kemampauannya dalam menguasai kitab kuning. (ma)


Ujian Baca Kitqb KH Mustain Syafii KH Mujib Imron KH Salim Ashar Muallimin

blog comments powered by Disqus