Ruang Alumni: Saat Kuliah Justru Menekuni Vector Art

2 September 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 953 Kali

Mulai edisi ini Muallimin Online, secara bertahap, akan menampilkan tulisan tentang alumni Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas, yang tengah berkarya dan berkpirah dalam berbagai ladang amal kehidupan. Tentu tidak semua alumni akan ditulis karya dan kiprahnya dalam berbagai bidang kehidupan. Karena, dengan jumlah ribuan alumni, tentu semua tidak akan tercover oleh sumberdaya penulisan. 

Tetapi, sekian ratus atau sekian ribu alumni akan diwakili oleh 2-3 alumni di tiap bidangnya, yang memiliki karya dan berkiprah baik di dunia pendidikan, agama dan kemasyarakatan (sosial budaya), di dunia politik atau di dunia ekonomi, juga dalam dunia sastra dan seni serta teknologi.

Kami memilih salah satu atau salah dua dari sekian alumni tersebut untuk kami tuliskan, terutama alumni-alumni yang berkarya dan berkiprah dalam bidang yang kami pandang cukup unik.

Mengawali kolom yang kami beri nama Ruang Alumni ini, kami akan menuliskan salah satu alumni Madrasah Muallimin Muallimat Tahun 2016, yaitu Ilmiyah.

Saat ini, Ilmiyah disibukkan dengan hobby yang selama ini digeluti, yaitu menggambar. Namun, gambar yang ditekuni saat ini bukan lagi gambar yang menggunakan media kertas dan pensil atau ballpoint. Bukan juga yang menggunakan media kanvas dan cat minyak atau cat air. Gambar yang saat ini ditekuni perempuan kelahiran Lamongan ini adalah gambar digital yang memanfaatkan software Adobe Photoshop saat di komputer atau menggunakan aplikasi Infinite Design saat bekerja menggunakan Hand Phone (gadget).

"Dari dulu memang suka menggambar, sebatas menggambar di kertas. 
Awal kuliah mencoba berbagai tutorial di YouTube dan membaca di web tentang cara mengaplikasikan gambar manual ke digital," katanya saat ditanya tentang hobinya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, dia bisa menggambar dan desain apapun, termasuk belajar desain grafis. "Saya juga belajar berbagai macam desain grafis, mulai dari membuat brosur, pamflet acara di kampus, logo, vector dan potrait. Namun, sekarang lebih fokus di vector potrait, karena lebih mengarah ke hobi saya," lanjutnya.

Mahasiswi yang saat ini sedang mengerjakan skripsi di Unwaha Tambakberas Jombang ini setahun sejak lulus dari Madrasah; Muallimin Muallimat, yaitu tahun 2017, sudah mulai berani menjual hasil gambarnya ke publik.

"Ketika itu saya belum tahu, kalau karya seperti itu punya nilai jual. Ternyata vector potrait banyak di minati di kalangan anak muda.
Tahun 2017 saya open commission, customer masih local orang Indonesia, dalam pulau Jawa atau luar pulau Jawa," sambungnya.

"Kemudian pada tahun 2018, saya mencoba menjual ke luar negeri lewat aplikasi Fiverr dan Instagram. Tapi baru ramainya bulan Oktober tahun 2019 sampai saat ini," kenang santri Pondok Pesantren Putri Annajiyah I Bahrul Ulum ini.

Media seperti Fiverr atau Instagram memang lagi marak menjadi media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Baik dengan cara endoresment atau berjualan secara langsung, dan Ilmiyah, sebagai generasi Z, bisa memanfaatkan media tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Menurut salah seorang guru di MMA, hobby kalau ditekuni seperti yang dimiliki Ilmiyah ini akan bisa menjadi ladang mendapatkan penghasilan, dan menurutnya, bekerja yang berdasarkan hobi begini sangat nyaman. Karena itu patut disyukuri  bagi yang bekerja karena hobi.

Sementara guru yang lain dengan nada guyon mengatakan, Ilmiyah ini alumni Madrasah Muallimin Muallimat jurusan desain grafis, sehingga bakatnya bisa berkembang dengan baik. Itu guyon (canda), karena di Madrasah Muallimin Muallimat tidak ada jurusan desain grafis. Karena Muallimin Muallimat Tambakberas lebih banyak mengajarkan ilmu agama (80%) daripada ilmu kurikulum nasional (20%). Namun, kepercayaan diri siswa seperti Ilmiyah dibangun di Madrasah ini, dan tentu juga di pondok-nya. Kepercayaan diri ini penting dalam mengembangkan hobi dan bakat yang dimiliki siswa. Karena tanpa hal tersebut, maka akan sulit berkembang.

Selanjutnya, Jika berkunjung dan melihat akun Fiverr-nya, fiverr.com/ilmyart, Ilmiyah membuat deskripsi sehagai berikut:

Hello my name is ilmiyah, i am vector Artist. I can make your photo become realistic vector illustration, cute cartoon from your photo. I create based on any image you want, and these are useful for some gift, among others.

Dalam akun tersebut, Ilmiyah menawarkan beragam gambar vector potrait dengan berbagai tipe. Sedangkan, dia mematok harga dari berbagai tipe tersebut mulai USD 10 sampai USD 25.

Untuk saat ini, dia bisa menyelesaikan pesanan lebih dari 3 gambar setiap hari. "Lebih dari 3 gambar perhari. Tapi saya juga punya teman yang saya kasih orderan kalau melebihi batas kemampuan saya. Istilahnya kerja tim," pungkasnya.

Karya-karya yang telah diselesaikan Ilmiyah, pesanan dari customer yang datang dari berbagai kota dan negara bisa dikunjungi dan dilihat di akun Instagram-nya @ilmyart. (ma)


Alumni Vector art Muallimin Muallimat Fiverr Instagram

blog comments powered by Disqus