Rapat Kelulusan 2021, Gus Im: Berharap Ada Toleransi

9 April 2021 | Madrasah | Admin | Dilihat 319 Kali

Muallimin Online,
Norma (ketentuan) kelulusan siswa kelas akhir (kelas 6), yang berada di masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan bisa memberikan perhatian (toleransi, red) kepada siswa. Demikian disampaikan KH Imron Rosyadi, Wakil Kepala Madrasah Muallimin Muallimat, saat membuka Rapat Kelulusan bagi siswa kelas akhir, Jumat (09/04).

"Nasibnya anak-anak (lulus atau tidak) tergantung dari bapak dan ibu semua hari ini, dimana untuk saat ini, nilai kurang banyak didapatkan anak-anak. Namun di tengah pandemi ini, perlu ada perhatian dari bapak dan ibu", katanya.

Sementara itu, saat memimpin Rapat, KH Abdul Rokhim, Wakil Kepala Madrasah I, juga menyampaikan bahwa, di masa pandemi ini ada hal-hal yang tidak biasa. "Misalnya dalam Paktek mengajar. Karena keterbatasan waktu, anak-anak ada yang belum mendapatkan teori dan praktek mengajar, sehingga banyak yang kurang menguasai dalam praktek mengajar", katanya.

"Di samping itu, dari laporan para guru penguji. Pelaksanaan praktek mengajar kurang begitu serius, karena mereka mengajar teman-temannya sendiri, berbeda dengan saat normal, mengajar siswa MI Bahrul Ulum," lanjutnya

"Sedangkan untuk Ujian Baca Kitab, bisa dilakukan secara tatap muka. Meskipun Madrasah tidak menyelenggarakan bimbingan, karena keterbatasan waktu, namun hasilnya sudah cukup membanggakan," katanya, sebelum memimpin membahas kriteria kelulusan.

Rapat yang dibuka pukul 13.45 WIB, selanjutnya membahas tentang kriteria kelulusan. Tampak beberapa guru cukup alot membicarakan batasan nilai yang dinyatakan lulus dan tidak lulus. Satu sisi peserta Rapat akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, dengan mematok nilai tinggi dan kriteria tinggi. Tetapi di sisi lain, dalam kondisi di tengah-tengah pandemi seperti saat ini, peserta Rapat juga mengusulkan agar ada toleransi. Karena selama setahun ini, siswa, termasuk kelas akhir tidak bisa menerima materi pembelajaran secara penuh.

Rapat diakhiri dengan menyepakati beberapa hal, antara lain: siswa yang dinyatakan lulus dan tidak lulus; siswa yang meraih nilai terbaik Ujian Baca Kitab dan; siswa yang mendapatkan nilai terbaik Ujian Akhir Tulis.

Hadir dalam Rapat yang diselenggarakan di ruang rapat Kampus II Madrasah tersebut, antara lain Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah, jajaran pimpinan dan guru-guru kelas 6.

Sebagaimana yang telah diinformasikan lewat WA, FB dan Instagram Madrasah, pengumuman dan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kelulusan akan diselenggarakan pada Sabtu (10/04) secara on-line melalui channel YouTube: Muallimin 6 Tahun Channel, mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. (ma)


Kelulusan Ujian baca kitab Kelas akhir Covid-19 Pandemi

blog comments powered by Disqus