Praktek Mengajar Salah Satu Syarat Lulus Bagi Kelas Akhir

31 Maret 2021 | Madrasah | Admin | Dilihat 238 Kali

Muallimin Online,
Tiga hari ini, sejak Senin (29/03) sampai Rabu (31/03), siswa kelas akhir (kelas 6) Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Tambakberas, sedang mengikuti Ujian Praktek Mengajar.

Ujian yang diselenggarakan sebagai salah satu syarat bisa lulus dan mendapat sertifikat praktek mengajar ini (disamping ujian tulis dan Ujian Baca Kitab), diselenggarakan secara terpisah antara siswa Muallimin dan siswa Muallimat. Siswa Muallimin bertempat di Madrasah Timur dusun Gedang. Sedangkan siswa Muallimat di Madrasah Induk. 

Ujian praktek mengajar di masa pandemi ini tidak diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Tambakberas, sebagaimana yang telah dilakukan sebelum pandemi, dengan mengajar siswa kelas 4 sampai kelas 6 MI. Karena itu, siswa praktikan mengajar temannya sendiri yang berada dalam satu kelompok ruangan secara bergantian. Satu kelompok ruang terdiri dari 19-21 siswa. Setiap hari sebanyak 6 (enam) sampai 7 (tujuh) orang siswa melakukan praktek di depan teman-temannya sendiri.

Aspek penilaian dalam praktek mengajar ini adalah, pertama terkait dengan kemampuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan, kedua terkait dengan kemampuan dalam melakukan pembelajaran.

Dari pengakuan siswa praktikan, rata-rata mereka kesulitan dalam merumuskan RPP, terutama yang berkaitan dengan logika perumusan tujuan pembelajaran, indikator dan penyampaian inti pembelajaran. Sedangkan dalam hal kemampuan menyampaikan pelajaran dan penguasaan kelas, sebagian besar siswa sudah cukup baik.

Sebelum praktek mengajar ini, sebanyak 365 praktikan menerima pembagian materi pelajaran, termasuk silabusnya, yang bisa dikembangkan dalam membuat rumusan RPP.

Ujian praktek mengajar ini telah diselenggarakan Madrasah sejak di awal pendiriannya. Hal ini karena tujuan pendirian Madrasah ini adalah untuk menciptakan para pendidik (muallim) yang bisa berkiprah di tengah-tengah masyarakat. (ma)


Praktek mengajar Kelas 6 Muallimin Tambakberas RPP

blog comments powered by Disqus