Persiapan PKKM MA Dan MTs, Harus Dilalukan Secara Intensif

22 November 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 236 Kali

Muallimin Online,
Setelah melakukan Penilaian Kerja Guru (PKG) untuk tingkat MTs dan MA, Madrasah tengah menyiapkan Penilaian Kerja Kepala Madrasah (PKKM). Persiapan yang dilakukan adalah menentukan kerja dan menyusun tim kerja. 

Untuk itu, pada Kamis (21/11) Madrasah menyelenggarakan Rapat penyusunan tim kerja PKKM, baik tingkat MTs maupun MA di salah satu ruang Madrasah Induk. Tampak hadir dalam rapat antara lain Kepala MA, KH Abdul Rokhim Maruf, dan Kepala MTs KH Imron Rosyadi Malik, serta seluruh tim yang terdiri dari guru-guru Satminkal. 

Dalam sambutan pengantarnya, KH Abdul Rokhim menyampaikan beberapa hal terkait dengan posisi dan syarat Kepala Madrasah, serta kegiatan-kegiatan yang selama ini dilakukan Madarsah. "Kepala Madrasah saat ini dituntut memiliki sertifikat, dan dibatasi umurnya," katanya singkat.

Lebih lanjut dia menguraikan tentang kegiatan Madrasah. "Kita sudah banyak melakukan kegiatan, termasuk upaya melakukan pengembangan SDM, baik melalui rapat-rapat, pelatihan dan pengiriman tenaga ke beberapa pelatihanq, termasuk pelatihan untuk mengelola perpustakaan," sambungnya.

"Saat ini kita juga sudah menyusun Program Kerja Madrasah, yaag telah disusun selama 4 tahun 2016-2020. Namun ini untuk MA, belum untuk Mualliminnya. Untuk perincian tahun ini juga sudah disusun, tinggal direview lagi," katanya.

Sementara itu, dalam persiapan PKKM, menurut Waka Kurikulum MA, Ahmad Musyaffak, Tim kerja dibagi sesuai dengan kriteria penilaian, yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan, supervisi pendidik dan tenaga kependidikan. "Kriteria penilaian untuk PKKM terdiri dari empat bidang, yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan, supervisi pendidik dan tenaga kependidikan. Namun tim akan dibantu oleh pembantu umum dalam menyiakan kebutuhan PKKM," katanya.

"Butuh kerja yang intensif selama beberapa hari ke depan, karena bukti fisik yang dibutuhkan sangat banyak. Karena itu berharap tim bisa bekerjasama dengan baik karena cukup berat," katanya.

Selanjutnya, dalam persiapan tersebut disepakati agenda sebagai berikut: Sabtu (23/11)
Dilalukan pembagian distribusi kerja stiap tim terkait pemenuhan dokumen fisik.

Mulai Ahad-Senin (24-25/11) tim bekerja secara intensif untuk mengumpulkan semua bukti fisik pelaksanaan kegiatan-kegaiatan.

Pada Selasa (26/11) akan dilaksanakan visitasi pengawas Madrasah Aliyah, dan pada Kamis (05/11) giliran visitasi pengawas Madrasah Tsanawiyah. (ma)


PKKM Madrasah Aliyah MADRASAH TSANAEIYAH Muallimin

blog comments powered by Disqus