Pengalaman Para Guru Dalam Cerita Para Muallim

8 Oktober 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 477 Kali

Muallimin Online,

Sebagai upaya untuk mendokumentasikan proses pembelajaran di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul, serta untuk mengambil pelajaran (hikmah/lesson learned) dari proses tersebut, maka Pustaka MMA sejak bulan April 2020 berinisiatif mendorong semua guru untuk menuliskan pengalaman dalam mengajar. Setelah sekian bulan berproses, akhirnya kumpulan tulisan tersebut bisa diterbitkan dalam sebuah buku, yang berjudul “Cerita Para Muallim: Kumpulan Tulisan Pengalaman Mengajar Guru-guru Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang”.

Proses penyusunan buku ini, dimulai dengan menginfromasikan dan permohonan kepada semua guru untuk menuliskan pengalamannya dalam proses pembelajaran, yang disertai dengan guide line penulisan. Dari sekian guru yang dikirimi permohonan, ada 35 (tiga puluh lima) tulisan yang dikirimkan ke redaksi, sebagain guru tidak mengirimkan tulisan, tetapi diwawancarai oleh tim redaksi.

Guru-guru yang menuliskan dan menyampaikan pengalaman mengajarnya tersebut mewakili mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah, atau pengalaman khusus dalam kelas program khusus kelas A. Pengalaman yang terakhir ini, agak berbeda dengan mengajar di kelas reguler.

Cara penulisannya-pun berbeda-beda. Ada yang menuliskan secara sederhana, juga ada yang menuliskan secar komprehensif, yang menggambarkan mulai dari konteks, proses pembelajaran, metode dan pendekatan pembelajaran sampai tujuan yang dicapai dalam proses pembelajaran.

Tidak muda mengedit buku yang terdiri dari banyak tulisan (bunga rampai), karena satu tulisan dengan tulisan yang lain memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Namun, tahapan tersebut bisa dilewati dengan baik karena dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan Madrasah, dan juga dari Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU) Tambakberas, HM Wafiyul Ahdi. Menurutnya, buku ini menjadi testimoni para guru Madrasah Muallimin Muallimat. “saya langsung merasakan betapa luar biasanya dedikasi para guru ini pada Madrasah kebanggaan kita. Saya yakin Madrasah ini bisa menjadi luar biasa dan menghasilkan kader-kader ulama dan unggul karena dedikasi para gurunya...,” tulisnya dalam kata pengantar.

Sementara Wakil Kepala Madrasah, H. Abdul Rohim, menyampaikan “Pengalaman mengajar guru MMA yang dituangkan dalam buku ini telah menggambarkan bahwa MMA memberi kesempatan kepada guru untuk terus belajar dan mencari ide-ide kreatif sehingga dia mampu mengemas materi ajar dengan berbagai cara yang menyenangkan dan memudahkan murid menyerap materi pelajaran".

Harapan dari Pustaka MMA, proses pembelajaran di Muallimin Muallimat Bahrul Ulum bisa didokumentasikan dengan baik, sehingga bisa dipelajari oleh siapapun, khnususnya oleh guru sendiri. Dari sini pengembangan dan inovasi-inovasi bisa dilakukan ke depan, materi pelajaran terus bisa dipertahankan, tetapi cara, metode dan pendekatan bisa dikembangkan sesuai muqtadlal hal (konteks).   

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, dalam tahun ini, Pustaka MMA sudah berhasil menerbitkan beberapa buku. Bahkan, dalam kondisi pandemi saat ini, produkstifitas Pustaka MMA bisa meningkat. (ma)


Buku Pengalaman Guru Muallimin

blog comments powered by Disqus