Pak Rokhim: Kualitas Ujian Akhir Muallimin Muallimat Harus Dijaga

30 Januari 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 529 Kali

Muallimin Online,

Kualitas Ujian Akhir Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum harus dijaga. Kualitas tersebut, baik dari materi ujian, pelaksanaan ujian dan hasil ujian. Demikian disampaikan Wakil Kepala Madrasah, KH Abdurrokhim Ma’ruf, saat memberikan arahan dalam Rapat Panitia Ujian Akhir Madrasah, Ujian Akhir Baca Kitab dan ujian Penilaian Tengah Semester 2018/2019.

“Kualitas ujian di Madrasah harus dijaga dan betul-betul diperhatikan. Hal ini terutama terkait pengawas ujian. Guru-guru yang baru yang belum tahu budaya di Madrasah harus diberi informasi,” tekannya.

Penekanan pria yang biasa dipanggil Pak Rokhim ini, karena Ujian Akhir Madrasah, yang materi soalnya dibuat secara mandiri (otonom) oleh Madrasah terpisah dari materi ujian Kurikulum Pendidikan Nasional, memiliki nilai dan wibawa yang sangat tinggi di hadapan siswa siswi Muallimin Muallimat dan betul-betul dihormati oleh mereka. Sementara ada yang belum mengetahui kualitas tradisi ini, sehingga kerap menyamakan dengan ujian-ujian di madrasah lain.

Ujian Akhir Madrasah menerapkan kualitas materi soal ujian dengan standar khusus. Pengawasan juga dilakukan secara ketat, sehingga siswa betul-betul mengerjakan sendiri. Penilaian hasil ujian-pun dilakukan secara murni, tanpa bantuan penambahan nilai. Sehingga dalam setiap tahun banyak siswa dan siswi yang belum berhasil (tidak lulus) dalam Ujian ini. Hal ini mungkin berbeda dengan ujian akhir secara umum, bahkan untuk ujian nasional.

Karena itu, Ujian Akhir ini dilaksanakan melalui perencanaan yang baik, dengan melibatkan semua unsur kepanitiaan yang telah dibentuk, dan didahului dengan melakukan analisis yang baik terkait kelemahan dan kendala yang akan terjadi. Perencanaan tersebut juga disusun secara sistematis, mulai dari tujuan, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, aturan main dalam pelaksanaan, serta sumberdaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan.

Dalam rapat yang juga dihadiri Wakil Kepala II, KH Imron Rosyadi dan Kepala Tata Usaha, KH Kasturi Ahmad, serta seluruh jajaran pimpinan dan panitia tersebut, juga membicarakan tentang Ujian Akhir Kitab yang juga akan diikuti oleh siswa siswi kelas 6, serta ujian Penilaian Tengah Semester bagi kelas 1 sampai kelas 5.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, Ujian Akhir Madrasah akan dilsanakan pada 1 – 10 Maret 2019, dan Ujian Akhir Baca Kitab pada 24 Maret 2019. Penguji eksternal yang diusulkan panitia antara lain: KH Makinuddin, KH Taufiqurrahman Muhid, KH Ma’shum Zen, KH Ali Tsauri, KH Salim Azhar, KH Muhlis Dimyati, KH Abdussalam Sohib, KH Dahlan Syafii, KH Afifudin Dimyati, KH Abd Nashir (Purwoasri) dan KH Faqih Usman. (ma)


Ujian Akhir Madrasah Ujian Baca Kitab Ujian PTS

blog comments powered by Disqus