OSIS Muallimin Giatkan Literasi Melalui Diklat jurnalistik

19 Januari 2020 | Ruang Siswa | Admin | Dilihat 509 Kali

Muallimin Online,
Sebagai upaya untuk meningkatkan semangat literasi dan memfasilitasi siswa yang berminat dalam kepenulisan, pada Ahad (18/01) kemarin, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Putra Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum krmbali menyelenggarakan Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Jurnalistik. 

Diklat yang diselenggarakan setelah jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) ini diikuti oleh sekitar 35 siswa, dari kelas 1 sampai kelas 5. Sedangkan yang menjadi tutor pada Diklat kali ini adalah Zulianto, pegiat literasi Madrasah Fattah Hasyim Tambakberas.

Kegiatan ini dilaksanakan karena semakin menurunnya para penggiat literasi di lingkungam santri. Kondisi ini kemudian ditanggapi oleh pengurus OSIS Muallimin Muallimat dengan menyusun rencana kegiatan dalam Program OSIS 2019-2020, berupa pelatihan jurnalistik.

Menurut Pak Zul, jurnalistik adalah ilmu dan teknik pengumpulan, penulisan, dan pelaporan berita. "Jurnalistik merupakan ilmu dan teknik dalam pengumpulan, penulisan dan pelaporan berita," katanya. 

Diklat tersebut terdiri dari 2 (dua) sesi. Pertama, penyampaian materi jurnalistik, kemudian di sesi kedua adalah sesi latihan.

Sedangkan untuk tindak lanjut dari kegiatan ini adalah akan dibuat kelas menulis, yang menjadi forum bagi siswa yang memiliki keterampilan dalam menulis. (msr/ma)


Literasi OSIS Jurnalistik Muallimin

blog comments powered by Disqus