Olahraga Tradisional Santri Semarakkan HSN di Jombang

22 Oktober 2018 | Ruang Siswa | Admin | Dilihat 68 Kali

Muallimin Online,

Satuan Komunitas Ma’arif (Sakoma) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar Lomba Olahraga Tradisional Santri guna menyemarakkan perhelatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018, Sabtu (20/10).

Kegiatan yang berlangsung di Stadion Merdeka Jombang itu diikuti oleh puluhan siswa-siswi tingkat SLTA.

Dalam olahraga tradisional tersebut, panitia menyiapkan tiga jenis lomba. Yaitu balap karung, tarik tambang segi tiga dan adu cepat pakai bakiak.

“Kami menggelar lomba olahraga tradisional khusus di tingkat Penegaknya. Yakni balap karung, tarik tambang dan bakiak,” kata Ketua Sakoma Jombang Shobih.

Pantauaan di lokasi, tiga jenis lomba tersebut berada di titik yang berbeda namun berdekatan, tepat di tengah-tengah Stadion. Secara bergantian setiap jenis lomba dilangsungkan dengan arahan-arahan para juri.

Pemengan lomba tarik tambang segi tiga Imam Adri mengungkapkan, berbagai jenis olahraga tradisional penting dilombakan agar keberadaannya tidak hilang sebab jenis-jenis lomba modern yang kian berkembang.

“Perlu dikembangkan agar tidak punah. Karena beberapa olahraga tradisional sudah sangat lama termasuk tarik tambang. Kalau bisa di tingkat nasional ada lomba ini,” ucapnya.

Salah satu siswa MAN 6 Jombang ini mengungkapkan kegembiraannya setelah grupnya dinyatakan juara satu di kompetisi ini. “Saya sangat senang karena baru ini saya menjuarai lomba tarik tambang,” tuturnya. (NU Jombang Online)


HSN2018 Hari Santri Nasional Lomba Tradisional Jombang NU

blog comments powered by Disqus