Menjelang PAS Gasal, Bagaimana Kesiapan Siswa?

27 November 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 283 Kali

Muallimin Online,
Lusa, Sabtu (30/11), Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum mulai menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal 2019/2020. Bagaimana kesiapan para siswa dalam menghadapi ujian Madrasah tersebut?

M. Farid (17) dan Khotibul Umam (17), siswa kelas 4, ketika ditanya Muallimin Online, menyatakan kesiapannya dalam menghadapi Ujian PAS mendatang. "Insyaallah siap pak. Sekarang masih menyelesaikan 2 kitab yangp masih belum ditaftis (dicek kelengkapan makna pesantren, red). Qowaidul Fiqih dengan Mutholaah yang belum ditaftis," kata Farid.

Siswa yang berasal dari Kepuhdoko Tembelang Jombang ini, masih merasa kesulitan dengan pelajaran Mutholaah. Ketika ditanya kenapa? Farid menjawab sudah paham, tetapi dalam mengerjakan soal ujian masih sulit. Hal ini dialami ketika ujian PAT sebelumnya.

Sementara Khatibul Umam, siswa asli Semen Kediri, yang mulai masuk Muallimin di kelas 2A bersama dengan Farid, menyatakan kesiapannya menghadapi ujian PAS yang akan datang. "Insyaallah siap pak," katanya singkat.

Jika siswa putra sudah siap dengan PAS Gasal, bagaimana dengan siswa putri? Evana Daria Fika dan  Aisyah Nur Fadilah, siswa kelas 2B1 menyatakan kesiapannya menghadapi ujian PAS Gasal lusa. 

Namun menurut Evana, pelajaran yang dirasa masih sulit adalah Nahwu. "Yang masih sulit pelajaran Nahwu, yang lain insyaallah bisa," kata siswa asli Kalibakor, Banyumas, Jawa Tengah ini. 

Sedangkan menurut Aisyah, siswa asal Janti, Jogoroto, Jombang, semua pelajaran bisa dipelajari dengan baik. "Iya, semoga bisa mengerjakan dengan baik. Insyaallah bisa," katanya ketika ditanya, apakah kira-kira bisa mengerjakan. 

PAS Tulis secara keseluruhan akan dilaksanakan mulai Sabtu (30/11) sampai Senin (09/12), sedangkan PAS Lisan akan dilaksanakan pada Rabu (11/12) dan Kamis (12/12).

Siswa akan menerima Rapor hasil PAS Gasal pada Senin (16/12), dan akan menikmati liburan mulai Selasa (17/12) sampai dengan Rabu (02/01). (ma)


PAS Gasal Muallimin Siswa

blog comments powered by Disqus