Mau Sholat Di Dalam Kakbah, Jadilah Presiden

15 April 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 234 Kali

Muallimin Online,
Saat pelajaran Fiqh di kelas 2A Madrasah Muallimin Muallimat yang menggunakan kitab pegangan Manhajut Thullab karya Syaikhul Islam Abi Yahya Zakariyah al Anshori, sampai pada bahasan (fasal) tentang menghadap qiblat (Attawajjuh Lil Qiblat), dijelaskan tentang posisi sholat saat berada di dalam Kakbah.

Setelah membacakan kitab dengan memaknai ala pesantren, saya sampaikan satu pertanyaan kepada siswa-siswa peserta belajar di kelas, "apakah saudara-saudara punya impian sholat di dalam Kakbah?".

Bergetar suara kelas dengan jawaban yang serentak sama, "iya...".

Saat itu, saya memberi jawaban, "kalau saudara-saudara punya mimpi sholat di dalam Kakbah, maka mimpilah jadi presiden Republik Indonesia. Kalau saudara-saudara jadi presiden RI, saat anda umrah atau haji ke tanah suci, bisa dipastikan saudara akan dipersilahkan untuk masuk ke dalam Kakbah dan bisa sholat di dalamnya, dan saat itulah praktek sholat di dalam Kakbah sesuai Fiqh bisa dilakukan".

"Kalau saudara tidak jadi Presiden RI, dan jadi jamaah umrah atau haji biasa. Jangankan masuk Kakbah, mendekat saja butuh perjuangan yang berat dan pemilihan waktu yang tepat," tambahku.

Jawaban ini berdasarkan pengalaman Presiden RI sebelumnya yang berkunjung ke Tanah Haram dan menunaikan ibadah Umrah atau Haji. Mulai dari Presiden pertama, Presiden Gus Dur dan SBY.

Dalam kitab tersebut diuraikan bagaimana posisi sholat di dalam Kakbah. Orang yang sholat di dalam Kakbah bisa menghadap ke berbagai arah, yang penting menghadap ke diri (tubuh) Kakbah.

Dalam bahasan di fasal sholat berjamaah, bagi orang yang sholat berjamaah di dalam Kakbah, makmum saat menghadap tembok Kakbah, boleh lebih dekat daripada imam, bahkan imam dan makmum bisa saling berhadap-hadapan. Bisa juga saling membelakangi. 

Presiden Jokowi, Ibu Negara dan anak-anaknya yang saat ini memiliki kesempatan masuk dan mungkin sholat di dalam Kakbah, bisa sholat dengan menghadap ke berbagai arah, dan jika berkesempatan sholat berjamaah di dalamnya, maka bisa dilakukan dengan berhadap-hadapan atau saling membelakangi antara Pak Jokowi sebagai imam sholat dengan istri dan anak-anaknya sebagai makmum. (ma)


Presiden Jokowi Kakbah Kiblat Umrah

blog comments powered by Disqus