Matsama Tahun Ini Dilakukan Secara Online

16 Juli 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 297 Kali

Muallimin Online,
Tidak seperti biasanya, pelaksanaan Masa Taruf Siswa Madrasah (Matsama) Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum tahun 2020, berjalan secara senyap. Tidak ada yel-yel, tidak ada lagu Ya Lal Wathon yang dikumandangkan, tidak ada pertanyaan langsung yang diutarakan. Semua berjalan hening dalam jaringan (daring).

Karena masih dalam masa pencegahan penyebaran pandemi Covid-19, maka Matsama yang diselenggaraka pada Selasa-Rabu (14-15/07/2020) dilakukan secara online. Memang ada komunikasi interaktif antara pemateri dan peserta, namun tetap melalui jaringan yang menggunakan channel YouTube. Sehingga tidak ada keriuhan  sama sekali.

Dari segi materi-pun, Matsama tahun ini juga disederhanakan. Hanya ada empat materi pokok yang disampaikan, yaitu Sistem dan Metode Belajar di Muallimin Muallimat, Tata Tertib Siswa dan Kegiatan Kesiawaan, Ke-Bahrul Ulum-an dan, Ke-Aswaja-an.

Pada hari pertama, Selasa (14/07), materi yang diberikan tentang Sistem Pembelajaran dan Metode Belajar di Muallimin Muallimat, yang disampaikan Ahmad Musyaffak. Dalam paparannya, pak Syafak menyampaikan tentang kurikulum Madrasah yang menggunakan komposisi 80% pelajaran agama salaf, dan 20% pelajaran umum. Pak Syafak juga menyampaikan semua sistem, termasuk sistem hafalan.

Materi kedua, di hari yang sama, adalah tentang Tata Tertib Siswa serta kegiatan-kegiatan kesiswaan, yang disampaikan Abdul Adhim. Dalam sesi ini Pak Adhim menyampaikan semua hak dan kewajiban siswa serta larangan dan sangsinya. Juga disampaikan tentang kegiatan-kegiatan termasuk organisasi siswa.

Pada hari kedua, Rabu (15/07) pada jam pertama, materi tentang Ke-Bahrul Ulum-an disampaikan H. Abdulloh Rifan, dan Materi kedua, Ke-Aswaja-an disampaikan K. Azam Khoiruman. (ma)


Matsama Online Covid-19 Muallimin

blog comments powered by Disqus