Madrasah Menyelenggarakan Rapat Kenaikan Kelas

21 Mei 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 205 Kali

Muallimin Online,
Untuk menentukan siswa yang naik kelas dan tinggal kelas, Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum menyelenggarakan Rapat Kenaikan Kelas, pada hari ini, Selasa (21/05).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Kelas Madrasah tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah, Wakil Kepala Madrasah, KH Abdul Rokhim Maruf dan KH Imron Rosyadi, dan dihadiri oleh sekitar 150 orang  guru, baik yang menjadi Wali Kelas, maupun tidak.

Rapat Kenaikan Kelas ini diselenggarakan setelah proses pelaksanaan ujian lisan dan tulis Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2018/2019.

Dalam sambutan pembukanya, KH Abdul Nashir menyampaikan tentang materi rapat. "Perlu menjadi perhatian, bahwa yang dibahas dalam rapat ini tidak lagi nilai. Nilai menjadi wewenang guru untuk menuliskannya," terangnya.

Lebih lanjut, Kiyai Nashir juga memberikan arahan, "dalam membuat nilai, guru disamping berdasar hasil ujian juga harus memperhatikan akhlaqnya. Karena bisa saja anak yang nilainya kurang baik, tetapi akhlaqnya baik, maka nilainya bisa ditambah".

Sementara itu, dalam memandu Rapat, KH Abdul Rokhim menekankan bahwa, dalam rapat kali ini yang dibicarakan adalah kriteria nilai yang bisa naik kelas dan tidak. "Kita tidak lagi bicara nilai setiap siswa. Karena dalam ujian sudah mensyaratkan hafalan dan lain sebagainya, keputusan tersebut sudah dimuat dalam surat keputusan Kepala Madrasah. Karena itu tdk usah dibicarakan di dalam rapat," katanya.

Norma kenaikan kelas yang dibahas dalam rapat terkait nilai tertinggi rata-rata mata pelajaran pokok (Fiqh, Hadist, Tafsir, Nahwu, Shorof dan, Bahasa Indonesia), dan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran.

Hasil Rapat pada hari ini akan diumumkan pada Kamis (23/05). Pengumuman terkait dengan jumlah siswa yang naik kelas dan tidak naik kelas, siswa siswi nilai tertinggi kelas dan nilai tertinggi Madrasah.

Setelah penerimaan Rapor, sesuai dengan Agenda Akhir Tahun Madrasah, siswa siswi akan menjalani liburan Semester dan Hari Raya, dan kegiatan belajar mengajar akan dimulai lagi pada Sabtu (29/05). (ma)


Kenaikan Kelas Rapat KH Abdul Nashir Fattah Muallimin Tambakberas

blog comments powered by Disqus