Madrasah Adakan Tes Psikologi Untuk Kelas Akhir

15 Desember 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 541 Kali

Muallimin Online,
Sebagai upaya untuk melihat minat kelas akhir (kelas 6), Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum menyelenggarakan Assessment Psikologi bagi siswa kelas akhir, pada Ahad (15/12).

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang kelas Madrasah Induk tersebut, menurut Hj Badiah, guru BP/BK Madrasah diikuti oleh 158 siswa putri dan 15 siswa putra. "Ini dilakukan secara sukarela. Bahkan masing-masing siswa mengeluarkan biaya sendiri. Madrasah hanya memfasilitasi pelaksanaannya," katanya.

"Kami kerjasama dengan bu Doktor Nailatin (Pakar Psikologi ternama, Red) yang juga pengajar di Madrasah Muallimin Muallimat untuk menyelenggarakan kegiatan ini," tambahnya.

Menurut Nailatin Fauziyah, psikolog yang bertanggungjawab bagi assessment ini bahwa, yang diassessment adalah kecerdasan, kepribadian dan kecenderungan minat. "Dalam tes ini yang ingin diketahui adalah tentang kecerdasan, kepribadian dan kecenderungan minat. Dari sini nanti diketahui kemana minat seorang anak untuk melanjutkan belajar lebih lanjut, sehingga bisa memilih akan kuliah dimana yang pas buat mereka," terangnya. 

"Tujuan yang lebih khusus dari assessment ini adalah untuk mengenali potensi diri dan kecenderungan minat," lanjutnya.

Ketika Muallimin Online, menanyakan apakah juga menilai IQ setiap anak? Dia menjawab, "iya tentu, termasuk taraf kecerdasan IQ," jawabnya.

"Namun dalam assessment ini kami tidak menentukan harus masuk ke fakultas ini atau fakultas itu. Hanya menyimpulkan minat anak. Misalnya minatnya dalam literasi. Membaca atau menulis. Tentang dia harus kuliah dimana dipersilahkan untuk menyesuaikan minat yang dimiliki," pungkasnya. (ma)


Assessment Psikologi Kelas akhir Nailatin Fauziyah Muallimin

blog comments powered by Disqus