Madrasah Adakan Pelatihan Pembelajaran Daring

19 Juli 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 477 Kali

Muallimin Online,
Untuk mempersiapkan pembelajaraan jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran online, hari ini, Ahad (19/07), Madrasah menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Media Untuk Pembelajaran Daring bagi guru.

Sebelum kegiatan dimulai, KH Imron Rosyadi, mewakili Kepala Madrasah menyampaikan bahwa
hikmah dari pandemi covid ini, Madrasah justru bisa menambah bangunan sepuluh ruang kelas di madrasah induk. "Semua kita ambil hikmahnya, termasuk pandemi Covid ini, hikmahnya Madrasab bisa menyelesaikan pembangunan sepuluh ruang kelas," katanya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa, menghadapi pandemi ini yang dilakukan secara darkng. "Ada hal baru, dalam masa pandemik ini, yaitu ada pembelajaran secara daring," lanjutnya.

Karena itu dia berharap semua bisa dilakukan dengan baik, termasuk dalam melakukan pembelajaran daring. Madrasah dalam hal ini memfasilitasi pelatihan pembelajaran daring.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh semua guru yang akan menyampaikan materi daring tersebut, materi disampaikan tim pembelajaran daring Madrasah. Materi pertama disampaikan M. Faiq, Koordinator pembelajaran daring.
Pak Faiq dalam kesempatan yang tersebut pertama menyampaikan tujuan pelatihan pembelajaran daring. "Tujuan pelatihan ini adalah untuk membekali guru-guru yang akan melakukan pembelajaran daring agar bisa melakukan teknis pembelajaran daring," katanya membuka presentasi.

Secara umum, dia menyampaikan materi, cara merekam suara dan kapasitas maksimalnya, cara membuat media video, jika akan melakukan pembelajaran melalui video, serta selanjutnya cara menyusun pertanyaan evaluasi kepada siswa.

Adapun prosedur pembelajaran online atau jarak jauh diuraikan sebagai berkut:

Media pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan guru antara lain :
1. Rekaman suara 
2. Rekaman tayangan video
3. Tayangan file Ms Word/pdf/slide gambar Power Point.
4. Naskah penugasan soal denga Google Formulir

Prosedur pembelajarannya adala:
1. Guru mengirim file materi dangan salah satu media yang dipilih sehari sebelum jadwal hari online ke operator
2. Saat jadwal mengajar online guru harus selalu mengikuti untuk menjawab pertanyaan (bila ada) atau memberi penguatan penjelasan terkait materi yang telah diterima siswa
3. Akhir mengajar jarak jauh, guru mengirim file materi pertemuan kedua ke operator (boleh sekali pengiriman untuk beberapa pertemuan)
4. Guru di kelas baru (siswa baru) harus mengirim tayangan video berisi perkenalan nama dan mapel yang diajarkan. 
5. Jadwal daring tidak boleh kosong, wali siswa diharap ikut memantau keaktifan guru yang terjadwal.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula kecil Madrasah tersebut ditutup pukul 13.00 WIB. (ma)


PJJ Pembelajaran jarak jauh KBM online Covid-19 Muallimin

blog comments powered by Disqus