Lebih 22 Ribu Santri Ikuti Apel Dan Kirab Hari Santri Di Jombang

22 Oktober 2018 | Madrasah | Admin | Dilihat 204 Kali

Muallimin Online,
Lebih dari 22 ribu santri di Kabupaten Jombang, Jawa Timur ikuti Apel Hari Santri di Alun-alun Jombang, Senin (22/10). Setelahnya mereka kemudian melanjutkan Kirab Santri dari lokasi Apel sebagai start Kirab hingga finish di Stadion Merdeka Jombang.
 
"Data terakhir yang masuk panitia sebanyak 22.771 dari berbagai lembaga pendidikan madrasah, sekolah dan pesantren se-Jombang," kata salah satu panitia Hari Santri Nur Khozin yang bertugas mengkoordinir peserta Apel dan Kita Santri. 
 
Di samping dari lembaga sebagaimana disebut di atas, sejumlah pengurus lembaga dan badan otonom (Banom) NU juga turut serta mengikuti agenda tersebut.
 
Acara Apel serta Kirab Santri merupakan acara puncak dari peringatan Hari Santri di Kota Santri ini. Beberapa hari sebelum dilaksanakan Apel dan Kirab telah banyak ragam kegiatan yang sudah digelar panitia penyelenggara. 
 
Seperti Napak Tilas Guru Bangsa, Pasar Santri, Festival Al-Banjari, Festival Film Santri, Pesta Siaga, lomba olahraga tradisional santri, lomba mewarnai, dan lain sebagainya.
 
Sebelum para santri mengikuti Kirab, mereka dihibur dengan Kolosal Resolusi Jihad dirumuskan oleh KH Hasyim Asy'ari, tak hanya itu mereka juga diajak Senam Santri yang dipimpin langsung oleh perwakilan dari santri itu sendiri.
 
"Baru setelah itu peserta Kirab Santri diberangkatkan," jelas Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Jombang itu.
 
Pantauan di lokasi, sepanjang mereka mengikuti Kirab terlihat sangat antusias, mereka tampak menyanyikan lagu-lagu religi dan beberapa lagu khas NU. Dan yang lebih membantu mereka tetap semangat menempuh rute Kirab yang cukup jauh itu adalah beberapa penampilan seni di pinggir jalan sembari menyapa peserta Kirab.
 
Sementara penampil seni cukup beragam, mulai dari tingkat anak-anak TK, RA, SD, MI hingga beberapa komunitas di Jombang. Setiap peserta Kirab melewati titik yang menjadi pusat penampilan seni, mereka menyemangatinya dengan lagu-lagu yang dilantunkan.
 
Sepanjang jalan raya yang dilewati peserta Kirab terlihat padat. Pihak pengamanan dari unsur kepolisian, TNI dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) terlihat ekstra mendampingi pesrta Kirab. Para pengendara motor maupun mobil sementara waktu sebagian dialihkan. (Syamsul/ma)

HSN2018 Hari Santri Apel Kirab Jombang

blog comments powered by Disqus