Kerjasama Dengan Unesa, Madrasah Selenggarakan Pelatihan Guru Bahasa Inggris

1 Oktober 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 199 Kali

Muallimin Online,
Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Pelatihan Guru Bahasa Inggris, pada Selasa (01/10).

Pelatihan yang bertema English Teaching And Learning Assessment tersebut, disamping diikuti guru-guru Bahasa Inggris Madrasah Muallimin Muallimat, juga diikuti oleh guru-guru Bahasa Inggris Madarsah yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. Peserta yang dibatasi hanya untuk 30 orang tersebut diikuti oleh guru tingkat MTs dan MA.

Kegiatan yang diselenggarakan di meeting room RM Badagang Raya tersebut, difasilitatori Dr. Rahayu Kuswardani, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unesa Surabaya. Selama lebih dari 2 jam, perempuan yang akrab disapa Bu Ayu tersebut menyampaikan materi mulai dari assesment dan evaluasi dalam lingkup speaking, listening dan reading. 

Bu Ayu, yang menempuh master di Charles Darwin University, Australia
S-3 East Anglia University dan doktor di United Kingdom tersebut membuka diskusi dengan menanyakan apa itu asesmen. "Apa itu asesmen, ada yang tahu atah pernah dengar," tanyanya membuka diskusi.

Diskusi berlanjut dengan penjelasan evualuasi dan, bedanya dengan asesemen. Kemudian satu persatu, Bu Ayu menjelaskan asesmen dalam speaking, listening dan reading.

Di akhir pelatihan, tim PKM LPPM Unesa memperkenalkan aplikasi yang sangat bail digunakan untuk melakukan asesmen dan evaluasi. Aplikasi yang berbasis Android tersebut adalah Kahoot! yang bisa didownload dari Playstore.

Kerjasama dengan LPPM UNESA ini, disamping menyelenggarakan pelatihan untuk guru, menurut rencana pada Rabu (02/10) dan Kamis (03/10) akan diselenggarakan pelatihan untuk siswa. (ma)


LPPM UNESA Pelatihan Bahasa Inggris Assesment Muallimin

blog comments powered by Disqus