Kelas Akhir Akan Launching 2 Judul Buku Karya Siswa

26 Maret 2021 | Madrasah | Admin | Dilihat 273 Kali

Muallimin Online,
Sudah menjadi tradisi bagi siswa kelas 6 (kelas akhir) Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Tambakberas, dalam beberapa tahun ini, untuk menerbitkan buku karya bersama, sebagai persembahan terakhir setelah mereka menempuh belajar selama 6 tahun atau lebih di Madrasah.

Tradisi yang telah dilakukan oleh beberapa angkatan ini terlihat bertambah lebih matang dalam hal materi buku yang diterbitkan. Bahkan lulusan tahun 2021 ini, berhasil menerbitkan 2 judul buku, yaitu buku al Mandhumah al Amuqarrarah dan Mozaik Ilmu Hadist.

Buku yang pertama, berisi kumpulan nadham-nadham semua materi pelajaran yang berbasis nadham/bait yang dipelajari di Madrasah. Mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Sementara buku kedua berisi tentang Ilmu Hadist, yang diterjemahkan dari kitab Taisir Musthalah al Hadist karya Syech Mahmud At Tahhan. Tidak hanya diterjemah, namun juga diberi penjelasan yang diambil dari beberapa kitab lain. Sehingga baik dijadikan buku pendamping bagi siswa yang belajar kitab Taisir.

Dalam kata pengantar, Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah menuliskan bahwa, salah satu hasil dari ketekunan dalam mudzakarah para siswa yang saat ini bisa dilihat, apapun bentuknya, adalah buku karya siswa ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, buku karya siswa membahas tentang Ilmu Mustholah Hadist. Dalam buku yang diterjemahkan dari kitab Taisiru Mustholahil Hadist, serta diberi tambahan penjelasan yang dinukil dari beberapa kitab lainnya ini, kita bisa mempelajari dasar-dasar ilmu Hadist Dirayah. Kitab Taisiru Mustholahil Hadist merupakan kitab pegangan pelajaran Ilmu Mustholah Hadist bagi siswa Kelas 4, 5 dan 6.

Selanjutnya, Kiyai Nashir juga menyampaikan bahwa, buku hasil terjemahan dan penjelasan dari Kitab Taisiru Mustholahil Hadist ini, disusun sebagai buku karya siswa kelas akhir (kelas 6) di Madrasah Mualllimin Muallimat Tambakberas. Penyusunan buku sebagai karya bersama bagi kelas akhir di Madrasah sudah kita tradisikan sejak beberapa tahun yang lalu. Sehingga, di Madrasah Muallimin Muallimat, dalam satu tahun, minimal ada satu buku yang diterbitkan dari karya siswa. 

Namun selain itu, juga ada buku serta media lain (majalah dan koran) yang diususun oleh siswa juga diterbitkan. Melalui penerbitan-penerbitan ini, kami dari pihak Madrasah ingin mendorong kepada semua unsur di Madrasah, baik pimpinan, guru, dan siswa untuk menyusun karya yang berupa tulisan, dengan tema seluas-luasnya, utamanya tema yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan dan kemasyarakatan. Ini semua sebagai wujud dari gerakan literasi yang saat ini terus dikembangkan, baik oleh pemerintah maupun dari beberapa kelompok masyarakat penggiat literasi. 

Menurut rencana, kedua buku yang disusun angkatan, yang menjuluki angkatannya dengan nama "Javaraz" ini, akan dilaunching bersamaan dengan acara Muwadaah on-line pada Sabtu (10/04/2011). (ma)


Buku Ilmu Hadist Siswa Kelas Akhir

blog comments powered by Disqus