Kegiatan Akhir Tahun Madrasah: Puasa Hataman, PAT Setelah Idul Fitri

20 Januari 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 683 Kali

Muallimin Online,
Pada tahun pelajaran 2019/2020 ini, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada bulan Ramadhan akan diisi dengan hataman kitab kuning, dan ujian PAT akan diselenggarakan setelab Hari Raya Idul Fitri.

Demikian salah satu keputusan Rapat Rencana Kegiatan Akhir Semester Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Tahun Pelajaran 2019/2020, pada Ahad (19/01).

Rapat yang diselenggarakan di salah satu Ruang Kelas Madrasah Induk tersebut dihadiri lengkap jajaran pimpinan dan panitia ujian. Rapat didahului pengarahan oleh Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah.

Dalam sambutannya, Kiyai Nashir mrngingatkan tentang sistem yang dijalankan di Madrasah, dimana satu sisi mengikuti kurikulum negara, tetapi satu sisi menjalankan kurkulum sendiri. "Kita ini, satu sisi menjalankan dan mengikuti ketentuan dari luar, tetapi menajalankan ketentuan sendiri. Tapi kita berharap, semaksimal mungkin, semakin hari semakin baik," katanya.

"Bulan Ramadhan tahun ini tidak ada ujian, apakah dengan pengajian kitab kuning atau KBM nornal? Atau mematangkan materi ujian baca kitab. Mari kita bahas sekarang," sambungnya, menanggapi mundurnya jadwal PAT yang pada tahun sebelumnya diselenggarakan saat bulan Ramadhan.

Setelah dilakukan pembahasan, akhirnya diputuskan bulan Ramadhan diisi dengan pengajian hataman Kitab Kuning, yang judul kitabnya ditentukan setelah ini. Sedangkan ujian PAT diselenggarakan 14 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Adapun Rapat tersebut juga membicarakan jadwal Ujian Nasional Berstandar Nasional (UNBK) baik MA maupun MTs, Ujian Akhir Madrasah NU (UAMNU), ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, Ujian Akhir Madrasah (UAM), Ujian Akhir Baca Kitab, Praktek Mengajar Kelas Akhir, Muwadaah Kelas Akhir, Penerimaan Peserta Didik Baru dan lain-lain. (ma)


Kegiatan akhir tahun PAT Baca Kitab Muallimin

blog comments powered by Disqus