Kebersihan, Lalaran Dan, Hafalan

30 Januari 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 613 Kali

Muallimin Online,
Disamping penjelasan dan pengarahan tentang perubahan mendasar kebijakan tentang kurikulum oleh Wakil Kepala Madrasah, dalam apel pagi, Kamis (30/01), juga disampaikan tentang masalah kebersihan, lalaran dan hafalan.

Masalah kebersihan terkait dengan kebersihan kelas, termasuk kaca jendela dan lantai ruang kelas. Diharapkan semua kelas untuk menjaga kebersihan kelas, terutama pengurus kelas untuk mengatur jadwal piket kebersihan kelas. Termasuk juga kebersihan tangga naik ke lantai 2 dan lantai 3.

Terkait dengan kebersihan adalah penempatan sandal dan sepatu. Harus ditata dengan baik. Sebagaimana yang menjadi kebijakan Madrasah bahwa, semua siswa harus melepas sandal dan sepatu saat masuk kelas, dan kelas serta semua teras kelas.

Selanjutnya, himbauan Madrasah terkait lalaran (membaca atau menghafal secara bersama-sama) beberapa pelajaran hafalan: Nahwu, Shorof, Balaghoh, Mantiq dan Ilmu Arudl. Setiap sebelum jam pelajaran dimulai, secara terpusat melalui loud speaker, semua siswa memulai dengan doa, kemudian lalaran nadham Alfiyah Ibn Malik. 

Disamping itu, di kelas masing-masing. Sebelum guru memulai pelajaran, semua siswa di kelas masing-masing melakukan lalaran nadham Alfiyah bagi kelas 1 sampai kelas 3. Sementara kelas 4 sampai kelas 6 melakukan lalaran pelajaran Balaghoh, Mantiq atau Ilmu Arudl.

Dalam apel tersebut juga diingatkan tentang setoran hafalan Alfiyah bagi kelas 1 sampai kelas 3, dan hafalan Shorof bagi kelas 1A dan 2A. Peringatan ini penting, karena semester genap tahun ini lebing singkat waktunya daripada tahun sebelumnya. Pertengahan April 2020 sudah masuk bulan Ramadhan, dimana proses belajar mengajar dilakukan dengan hataman kitab kuning. Sedangkan ujian PAS dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. (ma)


Kebersihan Lalaran Hafalan Muallimin Alfiyah Ibn Malik Shorof

blog comments powered by Disqus