Istighotsah Dan Sosialisasi PAS Ganjil 2018

27 November 2018 | Madrasah | Admin | Dilihat 110 Kali

Muallimin Online,

Sebagaimana setiap menjelang ujian, Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum selalu menyelenggarakan kegiatan istighotsah bersama dan sosialisasi. Kali ini, Madrasah menyelenggarakan kegiatan tersebut dalam rangka menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun 2018/2019.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa (27/11/2018), secara serentak dilaksanakan di dua tempat. Untuk siswa Muallimin dilaksanakan di halaman Madrasah Timur. Sementara untuk siswi Muallimat dilaksanakan di Aula Madrasah Induk (Muallimat).

Di Madrasah Timur, sebelum dilakukan istighotsah dan sosialisasi, serta ditutup dengan acara closing lomba antar kelas (class meeting), didahului dengan sambutan oleh Kepala Madrasah. Sambutan kepala Madrasah diwakili KH Abdul Rokhim Maruf, Wakil Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, Pak Rokhim sambil mengutip salah satu syiir, menyampaikan kepada para siswa untuk selalu meniru semangat para ulama. "Karena kalian ini merupakan kader ulama, terutama Nahdlatul Ulama, maka kalian harus sebisa mungkin meniru para ulama. Baik semangatnya maupun kerja kerasnya. Jangan hanya tidur saja. Karena tidur itu sedikit manfaatnya," katanya disambut gerr para siswa.

Pembacaan dzikir istighotsah selanjutnya dipimpin KH Khoirul Anam, salah satu guru Muallimin. Sementara istighotsah di Muallimat dipmpin KH Abdurrozaq Husni.

Acara inti, sosialisasi disampaikan Waka Kurikulum, A. Musyaffak. Dalam paparannya, Pak Syafak menyampaikan tentang tata tertib ujian lisan (baca kitab), ujian tulis, pembagian ruang ujian menurut kelas dan ketentuan tentang seragam yang digunakan setiap hari. Karena setiap hari antara kelas satu dengan yang lain berbeda seragam.

Point-point penting yang disampaikan Pak Syafak antara lain tentang kartu ujian. "Seriap siswa harus membawa kartu ujian, jika tidak membawa kartu ujian, maka tidak bisa mengikuti ujian. Namun bagi siswa yang tidak bisa melunasi pembayaran, Madrasah memberikan dispensasi sampai tanggal 4 Desember, dan peserta harus buat surat pernyataan," jelasnya.

Dalam kesempatan terakhir, acara diambil alih pengurus OSIS Muallimin, dengan pengumuman juara class meeting. (ma)


Istighotsah dan sosialisasi PAS 2018 Class meeting

blog comments powered by Disqus