Ibu-ibu Guru Adakan Khotmil Quran Rutin Untuk Doakan Madrasah

3 Desember 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 649 Kali

Muallimin Online,
Ibu-ibu guru Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun putri, sejak hampir setahun belakangan secara rutin menyelenggarakan kegiatan khotmil Quran di Makam Muassis (pendiri) Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan Madrasah Muallimin Muallimat. 

Kegiatan yang mula-mula digagas oleh Hj Badiah Rokhim, Mukarromah dan Ummi Hanik melalui grup WA, menurut salah satu guru perempuan, Denok Rokhmania, direspon baik oleh semua ibu guru. "Mula-mula yang menggagas adalah bu Badi'ah, bu Mukarromah dan bu Umi Hanik, kemudian direspon oleh ibu-ibu yang lain dengan baik" katanya.

Selanjutnya, menurut Mukarromah, salah satu penggagas, setelah banyak yang merespon, dimintakan (dihaturkan) ke Nyai Hj Ummu Salma Nashir. "Setelah banyak yang merespon untuk menyelenggarakan kegiatan khotmil Quran rutin,  bu Nyai Salma ngendikan (mengatakan, red), kalau untuk kegiatan yang baik, segera dimulai saja," katanya.

Dengan respon yang cukup positif dari Nyai Hj Ummu Salma, maka kegiatan pertama khataman dilakukan di Makam pendiri Madrasah Muallimin Muallimat, Almarhum KH Abdul Fattah Hasyim. "Bahkan untuk urusan konsumsi sampai beberapa kali kegiatan langsung ditanggung bu Nyai Salma, sampai Insyaallah setengah tahun yang lalu. Selanjutnya, ibu-ibu guru iuran bersama," katanya.

Sedangkan kegiatan dalam khatmil Quran ini, menurut perempuan yang biasa disapa Bu Rom ini, terdiri dari wasilah dan hadiyah Surat Al Fatihah, pembacaan al Quran dibagi setiap Juz, pembacaan tahlil dan doa penutup.

Sampai saat ini kegiatan khatmil Quran di Makam Para Muassis ini sudah dilakukan sekitar 12 kali. "Dilakukan setiap hari Sabtu minggu pertama setiap bulan. Pertama di Makam Kiyai Fattah sudah 3 kali, Makam Mbah Wahab Hasbullah 3 kali, Makam Mbah Usman 3 kali dan Makam Mbah Hamid mau ketiga kalinya," katanya.

"Dan alhamdulillah sampai saat ini yang mengikuti secara rutin sekitar 15 sampai 20 guru putri," sambungnya.

Adapun tujuan utama dari kegiatan ini, menurut Hj Badiah Rokhim, adalah pertama untuk mencari Ridlo Allah, selanjutnya untuk wasilah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga, para wali, para Muassis Bahrul Ulum dan mendoakan semua bapak dan ibu guru, yang sudah almarhum diampuni dan dirahmati Allah SWT, yang masih mengajar diberi kesabaran dan istiqomah, serta mendoakan anak-anak (para siswa) agar diberi kesuksesan, ilmu yang manfaat dan barokah. (ma)


Khotmil Quran Makam muassis KH Fattah Hasyim KH Wahab Hasbullah KH A. Hamid Hasbullah Mbah Usman

blog comments powered by Disqus