Histeria Saat Undian Praktek Mengajar Kelas 6

5 Maret 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 208 Kali

Muallimin Online,
Tepat pukul 11.30 WIB siang tadi, 138 (seratus delapan puluh tiga) siswi kelas 6 Muallimat belum juga pulang. Padahal sejak Rabu (27/02) yang lalu mereka mengikuti Ujian Akhir Madrasah (UAM), yang akan berlangsung hingga Jumat (08/03) mendatang.
 
Selama UAM tersebut mereka masuk pukul 07.30 WIB dan pulang tepat pukul 11.00 WIB. Ada apa gerangan sejumlh hampir dua ratus siswi masih belum beranjak dari Madrasah?
 
Selepas jam 11.00 WIB hari ini, Selasa (05/03), persis setelah bel sekolah berbunyi tiga kali, sebagai pertanda UAM jam kedua selesai, semua siswi kelas 6 menuju ruang perpustakan Madrasah, yang berada di lantai II Gedung Madrasah Induk.
 
Dalam ruang perpustakaan, semua sorot mata siswi tertuju ke projector yang disemburkan ke tembok. Setelah pengarahan diberikan oleh seorang guru, setiap siswi memungut satu potongan sedotan minuman yang tertumpuk dalam wadah plastik. Dalam potongan sedotan, terpelentir potongan kertas putih yang berisi tulisan hasil torehan mesin printer.
 
Satu orang mengambil potongan sedotan yang dimodif laksana undian berhadiah. Kertas dikeluarkan dari sedotan, dibaca, dan... teriakan histeris membuncah dan memecah keheningan blok gedung Madrasah.
 
Teriakan histeris, tentu dengan iringan tawa siswi seisi ruang perpustakan, kerap dipekakkan setiap kali siswi mendapat giliran, yang ujungnya  ger-geran.
 
Semua siswi kelas 6 pada jam tersebut, mengikuti undian memilih mata pelajaran dan tema yang akan dijalani dalam Ujian Praktek Mengajar pada Sabtu-Senin (16-17/03).
 
Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, kelas 6 Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, untuk bisa lulus dan memperoleh ijazah Madrasah yang sangat dihormati, harus menempuh beberapa ujian: 1. Ujian Akhir Madrasah, yaitu ujian tulis mata pelajaran yang diajarkan, terutama pelajaran-pelajaran salaf yang berbasis kitab kuning; 2. Ujian Praktek Mengajar dan; 3. Ujian Akhir Baca Kitab, yang akan disaksikan oleh orang tua/wali murid pada Ahad (24/03).
 
Ujian Praktek Mengajar semenjak dahulu mengambil lokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Tambakberas. Praktek mengajar akan dilakukan di ruang-ruang kelas 3-5 MI Bahrul Ulum dengan mata pelajaran yang sudah dipilih dalam undian yang dilakukan hari ini. (ma)

Ujian Praktek Mengajar Kelas 6 Muallimin Mengajar

blog comments powered by Disqus