Hari Pertama Masuk: Roan Siswa Dan Pengajian Aswaja

2 Januari 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 128 Kali

Muallimin Online,

Hari pertama masuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, pada hari ini Rabu (02/01/2019) dilewati dengan beberapa kegiatan. 

Siswa dan siswi yang hadir di Madrasah, baik di Muallimin maupun di Muallimat, masing-masing mengisi absen kehadiran di setiap kelas. Tampak pengurus kelas mengambil Jurnal dan daftar absensi di kantor Madrasah. Dilanjutkan dengan mengumpulkan buku rapor, yang mereka terima sebelum liburan, di ketua kelas atau wali kelas yang hadir.

Setelah semua siswa mengumpulkan buku rapor, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan roan (kerja bakti) bersama. Semua siswa membersihkan kelas masing-masing. Sebagian bertugas membersihkan toilet dan kamar mandi, dan sebagian membersihkan halaman Madrasah.

Menurut A. Musyaffak, Waka Kurikulum Madrasah,  hari pertama hanya sampai jam 09.00 WIB. "Pada hari pertama KBM semua siswa harus mengisi daftar absensi, kemudian mengumpulkan rapor dan, secara bersama melakukan roan (kerja bakti)," katanya.

"Siswa kita pulangkan sampai jam.09.00 pagi, karena pada jam 09.00 ada kegiatan penguatan Aswaja bagi pendidik dan teanaga kependidikan yang diaelenggarakan oleh Yayasan PP Bahrul Ulum (YPPBU)," tambahhnya.

Penguatan Aswaja

Sementara itu, di Masjid Jamik PP Bahrul Ulum, pada hari yang sama, mulai pukul 09.30 WIB diselenggarakan  kegiatan Pengajian Aswaja Bagi Pendidik dan Tenaga  yang ada di lingkungan PP Bahrul Ulum.

Sekitar 800 orang pendidik dan tenaga kependidikan mengikuti kegiatan yang diisi oleh ustadz H. Maruf Khozin, Ketua Aswaja NU Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Hadir kegiatan tersebut, Ketua Pengurus YPPBU, H. Wafiyul Ahdi dan segenap Pengurus YPPBU. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Wafi tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan seperti ini dilakukan setiap semester. "Agar semua pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Bahrul Ulum bisa menjawab saat ditanya tentang Aswaja, karena tidak semua pendidik berlatar belakang pendidikan agama. Misalnya, pendidik matematika, fisika atau kimia," katanya. (ma)


KBM Rapor Roan Aswaja Pendidik Tenaga kependidikan Bahrul ulum Tambakberas

blog comments powered by Disqus