Giliran Siswa Kelas 6 Muallimin Ambil Undian Praktek Mengajar

6 Maret 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 172 Kali

Muallimin Online,
Siang ini, Rabu (06/03), Ruang Perpustakaan di Gedung Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun kembali riuh oleh suara siswa kelas 6. 
 
Jika sehari sebelumnya diriuhkan oleh siswi kelas 6 Muallimat, siang ini diriuhkan oleh 80 (delapan puluh) siswa kelas 6 Muallimin.
 
Sama seperti siswi kelas 6 Muallimat kemarin, Selasa (04/03), siswa kelas 6 Muallimin, siang ini mengikuti undian mata pelajaran dalam Praktek Mengajar kelas akhir.
 
Terlihat setiap siswa mengambil kertas undian yang diedarkan Umat Slamet, panitia Praktek Mengajar kelas akhir. Mereka satu persatu mengambil kertas yang digulung kecil dan dimasukkan dalam potongan sedotan minuman.
 
Sesaat setelah mengambil kertas undian, salah satu siswa kelas 6, Muhammad Lazib, tampak bergetar saat melihat mendapat mata pelajaran I'lal (salah satu cabang pelajaran Ilmu Shorof). "Waduh saya dapat I'lal. Berat ini," katanya setelah membuka kertas undian.
 
Dalam pengarahan setelah proses pengambilan undian, sebelum pencatatan masing-masing mata pelajaran, Waka Kurikulum Madrasah, Ahmad Musyaffak menyampaikan beberapa hal terkait dengan Ujian Praktek Mengajar.
 
"Saya menghimbau kepada semua siswa kelas 6 yang akan mengikuti Ujian Praktek Mengajar beberapa hal," bukanya.
 
"Pertama, kalian yang akan praktek mengajar harus sowan ke guru pamong mata pelajaran yang telah dipilih, yaitu guru MI Bahrul Ulum, untuk melakukan konsultasi tentang bagiamana proses belajar mengajar selama ini. Konsultasi ini minimal dilakukan satu kali," lanjutnya.
 
"Kedua, saat praktek mengajar, jangan sampai terlambat. Sebelum bel sekolah berbunyi sudah harus ada di lokasi, atau di MI Bahrul Ulum," tegasnya.
 
"Ketiga harus memakai baju yang sudahh ditentukan, rambut dipotong rapi, dan tampil layaknya seorang guru. Jangan asal-asalan,"katanya.
 
Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, kelas 6 Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, untuk bisa lulus dan memperoleh ijazah Madrasah yang sangat dihormati, harus menempuh beberapa ujian: 1. Ujian Akhir Madrasah, yaitu ujian tulis mata pelajaran yang diajarkan, terutama pelajaran-pelajaran salaf yang berbasis kitab kuning; 2. Ujian Praktek Mengajar yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Senin (16-17/03) dan; 3. Ujian Akhir Baca Kitab, yang akan disaksikan oleh orang tua/wali murid pada Ahad (24/03).
 
Ujian Praktek Mengajar semenjak dahulu mengambil lokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Tambakberas. Praktek mengajar akan dilakukan di ruang-ruang kelas 3-5 MI Bahrul Ulum dengan mata pelajaran yang sudah dipilih dalam undian yang dilakukan hari ini. (ma)

Ujian Praktek Mengajar Kelas 6 Muallimin Waka Kurikulum Umat Samet Ahmad Musyaffak

blog comments powered by Disqus