GILIRAN PEMILIHAN KETUA ORGANISASI SISWA DAN MPS MUALLIMAT YANG DIALOGIS DAN PARTISIPATIF

22 Agustus 2018 | Artikel | Administrator | Dilihat 44 Kali

Muallimin Online,
Setelah pemilihan ketua Organisasi Siswa dan Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) Muallimin, pada Sabtu (18/08), yang berhasil memilih M. Ali Irfan Fauzi sebagai ketua, selanjutnya, Senin (20/08) giliran dilangsungkan pemilihan ketua Organiaasi Siswa dan MPS Muallimat.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Madrasah Muallimat tersebut, memilih tuga orang calon ketua, yaitu Kuni Samsahaya, Abidah Hapsari dan, Siti Rahmawati. Ketiganya kelas 4. Sedangkan calon MPS, Nafi’a Wachidatul Jannah, Nafisah Indal Fauziyah, Zidna Salsabila

Pada kegiatan tersebut ketua MPS periode 2017-2018, Ika Zuli Novitasar berkesempatan menyampaikan bahwa, hal terpenting dari kesuksesan adalah dengan tindakan “Kesuksesan itu diraih dengan tindakan yang nyata bukan dengan kata-kata”, terangnya

H. Abdurrohim Maruf, wakil Kepala Madrasah, dalam sambutan pengantarnya menyampaikan tentang pemahaman berdemokrasi dengan baik. “Hari ini kita belajar berdemokrasi, belajar cara memilih pemimpin dengan baik. Ingatlah bahwa suara mayoritas adalah suara rakyat, dan suara rakyat itu katanya adalah suara tuhan”, katanya.

Pak Rohim juga memberikan gambaran tentang pemilihan yang pernah dilaknakan oleh Khulafaurrosyidin sepeninggal Nabi SAW. “Dalam sejarah Islam ada banyak model atau cara melakukannya, seperti dalam sejarah sepeninggal Nabi Muhammad. Saat itu banyak yang menyodorkan calon dari bani mereka masing-masing dan, akhirnya mengerucut dan terpilihlah Abu Bakar RA sebagai kholifah pertama. Jadi cara memilih pemimpin itu sudah diajarkan oleh Islam”, terangnya.

“Cara memilih pemimpin itu bermacam-macam, yang terpenting akan menghasilkan pemimpin yang adil, jujur dan bijaksana. Pilihlah pemimpin dengan hati nurani”, tutupnya.

Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Muallimat berjalan dialogis dan partisipatif, karena setelah sesi orasi ada beberapa sesi yang melibatkan tim Panelis dari kelas 6 Madrasah Muallimat Bahrul Ulum. Tim panelis ini dimaksudkan untuk mengenali lebih dalam setiap calon ketua. (inh/ma)


Muallimin Mualimat 6Tahun Tambakberas Jombang GILIRAN PEMILIHAN KETUA ORGANISASI SISWA

blog comments powered by Disqus