Evaluasi PTS: Secara Umum Sudah Berjalan Dengan Baik

25 Oktober 2018 | Madrasah | Admin | Dilihat 118 Kali

Muallimin Online,

Pelaksanaan ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum yang diselenggarakan pada Sabtu-Jumat (22-28/09/2018) dinyatakan sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa catatan (rekomendasi), yang bisa digunakan untuk membuat perencanaan kegiatan ujian mendatang.

Demikian kesimpulan secara umum yang didapatkan dalam Rapat Evaluasi pelaksanaan ujian PTS, Kamis (25/10) siang tadi. Dalam evaluasi yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Madrasah tersebut dibicarakan 3 (tiga) hal yang diuraikan dalam pertanyaan: 1. Apakah pelaksanaan PTS sudah sesuai dengan yang direncanakan?, 2. Apa temuan-temuan dalam pelaksanaan PTS? dan, 3. Apa rekomendasi untuk perencanaan ujian yang akan datang?

Sebelum menjawab ketiga pertanyaan sebagai pemandu diskusi dalam evaluasi ini, Wakil Kepala Madrasah, H. Abdul Rokhim Maruf, memberikan arahan kepada sekitar 15 peserta rapat, yang terdiri dari unsur panitia dan pimpinan Madrasah. Dalam arahannya, Pak Rokhim menyampaikan tentang pentingnya kegiatan evaluasi bagi semua pelaksanaan kegiatan di Madrasah. "Saya berharap setiap ada kegiatan (khususnya ujian), setelahnya diselenggarakan evaluasi. Disamping untuk keperluan pengembangan Madrasah sendiri, juga bisa digunakan untuk keperluan eksternal," katanya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, "Kita mendorong semua guru dan pegawai mempergunakan aplikasi dalam membuat penilaian Madrasah, karena itu kita dituntut untuk mempelajarinya. Saya saja akhirnya banyak belajar dari internet tentang beberapa hal yang terkait dengan pengembangan".

Sementara itu, diskusi dalam rapat evaluasi ini diperinci sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, terkait dengan pembagian tugas, antara lain: 1. Pembayaran siswa dan kartu ujian; 2. Pengumpulan dan pengetikan naskah; 3. Penggandaan naskah; 4. Pengepakan dan penyaluran naskah; 5. Kesekretariatan dan pengumpulan nilai; 6. Konsumsi, akomodasi dan kebersihan; 7. Ketertiban peserta ujian dan, 8. Pengawasan.

Dari sekian tugas yang dijalankan panitia dalam menyelenggarakan PTS, ada beberapa temuan yang dirasa sangat penting terkait dengan pembayaran siswa untuk bisa mengikuti PTS. Rekomendasi yang diberikan adalah petugas dari Madrasah akan memanggil siswa yang kesulitan membayar, untuk ditanyakan kesulitannya bagaimana, dan diberi kesempatan dengan membuat surat pernyataan.

Temuan lain yang sangat penting adalah masih adanya guru yang belum memberikan nilai, sampai eveluasi ini dilakukan. Rekomendasi untuk ujian ke depan, pembagian petugas penerima nilai disusun seperti petugas untuk pengumpulan naskah, dimana setiap jenjang kelas ditangani oleh satu orang sebagai penanggung jawab. (ma)  

   


Ujian PTS Evaluasi 2018

blog comments powered by Disqus