Di Tengah Pemilu Siswi Muallimat, Pak Rokhim: Memilih Pemimpin Itu Penting

26 Agustus 2019 | Madrasah | Admin | Dilihat 304 Kali

Muallimin Online,
Dalam memberikan sambutan atas nama Madrasah Muallimin Muallimat dalam proses Pemilihan Umum Siswi Muallimat, KH Abdul Rokhim Maruf, Wakil Kepala Madrasah, pada Senin (26/08), menyatakan bahwa, memilih pemimpin itu penting.

"Memilih pemimpin itu penting", katanya membuka sambutan.

"Saat Rasulullah meninggal, baru terpikir untuk memilih pemimpin, yang sebelumnya tidak terpikir. Saat itu, Sahabat Anshor mengajukan bahwa, dari Ansor yang paling layak memimpin adalah dari Golongan Ansor. Karena Golongan Ansor yang yang menolong Nabi, ketika pertama datang ke Madinga," lanjut pria yang akrab disapa Pak Rokhim tersebut.

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Madrasah tersebut, pak Rokhim melanjutkan kisahnya, "Kemudian datang Sahabat Abu Bakar berserta sahabat-sahabat Muhajirin. Mereka mengatakan sahabat Muhajirin-lah yang lebih layak memimpin, karena sahabat Muhajirin adalah yang pertama bersama Rasulullah. Kemudian terjadilah musyawarah dan perdebatan. Selanjutnya ada kesepakatan bahwa, Sahabat Umar Ibn Khattab yang ditunjuk sebagai pemilpin. Tapi sahabat Umar malah menunjuk Sahabat Abu Bakar. Akhirnya secara singkat, semua setuju dan membaiat Sahabat Abu bakar, dan selesailah perdebatan, dan Sahabat Abu Bakar sebagai pemimpin," katanya.

"Itulah awal dari demokrasi, dimana memilih dilakukan melalui musyawarah. Dalam kesempatan ini, pilihlah yang terbaik dari yang baik. 
Kalau ada yang menang itulah yang kita sepakati bersama, dan akan menjadi pemimpin utk semua," pesannya.

Setelah sambutan dari Madrasah, agenda selanjutnya adalah orasi dari masing-masing kandidat, baik kandidat Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan kandidat ketua Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS), dilanjutkan dengan debat.

Dari pantauan di lapangan, masing-masing kandidat menyampaikan startegi bagaimana menjalankan Pokok-pokok Program yang sudah dibicarakan dalam Musyawarah sebelumnya, Selasa (20/08), dihadapan sekitar 1.300 siswi Muallimat.

Setelah itu, panelis yang berjumlah 7 orang secara bergantian menanyakan kepada kepada masing-masing kandidat tentang startegi menjalankan program.

Menurut ketua MPS, Nafiah, dalam menyampaikan orasi, masing-masing kandidat menyampaikan strategi bagaimana melaksanakan program yang sudah dibahas dalam Musyawarah Program. "Para kandidat tidak menyampaikan visi dan misinya sendiri sbagaimana yang terjadi dalam debat pemimpin di Indonesia selama ini. Karena para calon pemimpin tersebut akan menjalankan visi dan misi organisasi, bukan visi dan misinya sendiri, termasuk program-nya adalah program yang dijabarkan dari visi misi organisasi, bukan programnya calon. Para calon hanya menyampaikan bagaiman cara menjalan program tersebut," katanya dengan penjelasan yang gamblang.

Salah seorang pemilih, Aulina Fatatin, kelas 6, berharap Pemilu bisa berjalan dengan baik dan demokratis, agar terplilih ketua yang berlaku adil, mampu menjalankan program, dan membawa Muallimin Muallimat lebih baik. 

Sedangkan menurut beberapa guru, proses Pemilu ini bisa berjalan dengan baik. Siti Khafsoh, guru Matematikan, berharap melalui Pemilu ini, kegiatan siswa selanjutnya bisa berjalan dengan baik. "Semoga bisa berjalan lebih baik," katanya singkat.

Menurut Mukarromah, salah satu Pembina OSIS yang selama ini guat mendampingi kegiatan siswa, beraharap kepengurusan yang akan datang bisa lebih inklusif. "Dalam evaluasi di Musyawarah Program telah disampaikan bahwa, kepengurusan dirasa eksklusif. Karena itu sebagai bahan untuk memperbaiki, maka ke depan masukan ini dijadikan bahan untuk memperbaiki," katanya.

Kandidat Ketua MPS, antara lain: 1. Cendikia Rohadatul; 2. Miftahur Rohmah dan; 3. Iffah Azizah.
Sedangkan kandidat ketua OSIS, antara lain, 1. Fitri Nabila; 2. Salma Ulya Nashuha; 4. Vivi Havidhoh.

Proses MUSA II Organisasi Siswa Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum 2019-2020 Putri, dilalui beberapa tahap. Tahap I Musyawarah membahas LPJ, Program dan Kandidat Ketua dilaksanakan pada Selasa (20/08), dilanjutkan tahap II, Pemilihan Umum (Pemilu), yang diselenggarakan pada Senin (26/08), tahap akhir Pelantikan Pengurus yang akan diselenggarakan pada Sabtu (03/09). (ma)


Pemilu Siswi OSIS MPS KH Abdul Rokhim Musyawarah Abu Bakar Umar Ibn Khottob

blog comments powered by Disqus