Alhamdulillah, Ngaji Online Hari Ini Berjalan Baik

2 April 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 673 Kali

Muallimin Online,
Alhamdulillah, Ngaji Online Madrasah Muallimin Muallimat pada hari ini, Kamis (02/04) bisa berjalan dengan baik. Demikian disampaikan, Ketua Pelaksana Ngaji Online, M. Robi Febrian.

Rasa syukur Pak Robi ini terluapkan, karena pada hari pertama Ngaji Online, Rabu (01/04) ada banyak kendala. "Ahamdulillah pak lancar hari ini," katanya singkat ketika ditanya kendala yang dialami pada hari ini.

Kendala utama pada hari pertama, terjadi karena Channel YouTube (Muallimin 6 Tahun Channel) tidak bisa digunakan. Karena YouTube memberi pernyataan bahwa, Channel belum bisa digunakan. Padahal, pada Sesi I Rabu (01/04), pemateri KH Abdul Rozaq Husni sudah hadir setengah jam sebelum live dimulai pukul 08.00 WIB, sedangkan jam live sudah lewat seperempat jam. Sampai-sampai, Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah turun tangan, untuk memberi arahan.

Melalui rapat cepat panitia, yang langsung didampingi Kiyai Nashir, akhirnya diputuskan untuk sesi pertama menggunakan akun Facebook. Tidak cukup sampai disini, ternyata akun Facebook "Muallimin Muallimat BU" tidak bisa digunakan untuk live. Panitia benar-benar kebingungan. Namun, dalam masa-masa yang penuh ketegangan, akhirnya panitia teknis, Sofiyul Fajar dan Imam Nurhadi, mengusulkan menggunakan akun Facebook Kabar Bahrul Ulum, dimana keduanya juga pengelola akun FB Kabar Bahrul Ulum.

Sekitar pukul 09.00 WIB akhirnya, Ngaji Online hari pertama sesi I bisa dilakukan secara live, dengan guru pemateri KH Abdul Rozaq Husni. Bukan tanpa kendala, karena koneksi menggunakan Wifi publik di Madrasah, bukan Wifi khusus pimpinan, maka koneksi agak tersendat, dan proses live agak terputus-putus.

Sambil menunggu proses Kiyai Rozaq mengaji, panitia kembali berdiskusi untuk sesi II, yang akan disampaikan Gus Saiful Ulum. Setelah mencoba akun Instagram Madrasah (@mmakita1953) secara live, dan ternyata lebih lancar, maka dalam sesi II menggunakan dua channel, yaitu chanel Facebook dan Instagram. Dan, alhamdulillah, dalam sesi II, proses live berjalan dengan baik. Meskipun sound masih kurang sempurna.

Untuk hari ini, Kami (02/04) dalam sessi I, dengan pemateri KH Lukman Hakim Mahfudz, Ngaji Online berjalan dengan baik, bahkan dalam kolom komen terlihat tidak saja siswa Muallimin Muallimat yang mengikuti, tetapi juga alumni dan masyarakat umum. (ma)


Ngaji Online Muallimin Libur Covid-19

blog comments powered by Disqus