Ada Cerita Haru Dalam PJJ

27 Juli 2020 | Madrasah | Admin | Dilihat 379 Kali

Muallimin Online,
Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran online di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum berjalan cukup baik, meskipun diwarnai oleh beberapa kejadian yang cukup mengharukan.

Demikian disampaikan Koordinator Pembelajaran Jarak Jauh, M. Faiq. "Kendala teknis sejauh ini tidak ada kayaknya. Kemarin ada 1 siswa tidak bisa buka file materi karena HP perlu pembaharuan. Sudah dibantu," katanya.

Dari sisi guru, ada beberapa kendala yang dihadapi. Namun tidak menjadi.kendala yang vital. Bisa diatasi dengan baik. "Kendala dari sisi guru, ada guru yang setor materi agak mepet dengan pelaksanaan jam daring (2 jam sebelum daring). Padahal kami sudah menginformasikan dalam pelatihan yang telah dilakukan, materi dikirim ke operator sehari sebelumnya. Namun, hal itu hanya sekali di kelas 2A," lanjutnya. 

Secara keselutuhan pelaksanaan PJJ berjalan cukup baik, meskipun aplikasi yang digunakan adalah aplikasi murah meriah yang setiap hari digunakan oleh sebagian besar pengguna gadget. Hal ini tentu karena sebelumnya Madrasah telah menyelenggarakan pelatihan penggunaan media dalam pembelajaran daring. Sehingga hampir semua guru bisa memahami baik secara materi maupun teknis.

Dari suksesnya pelaksanaan pembelajaraan daring ini, ada cerita yang cukup mengharukan, dimana ada siswa yang tidak bisa mengikuti PJJ karena baru bisa membeli HP. "Tadi ada laporan dari operator bahwa, ada siswa kelas 5 yang baru bisa mengikuti pembelajaran daring karena baru dapat HP," jelasnya dengan nada sedih. (ma)


PJJ Pembelajaran jarak jauh KBM onlne Muallimin

blog comments powered by Disqus