Ya Lal Wathon Akan Menjadi Lagu Resmi

Muallimin Online,
Lagu berjudul ‘Ya Ahlal Wathon’ karya KH Abdul Wahab Chasbullah akan resmi menjadi salah satu dari lagu perjuangan nasional.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa saat memberikan ceramah agama dalam acara Haul KH Wahab Chasbullah ke-45 di halaman Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Sabtu (13/8) malam.

Dikatakan Khofifah, lagu “Ya Ahlal Wathon” merupakan lagu yang keenam dari kelima lagu yang juga akan diusulkan menjadi lagu perjuangan nasional. Namun ia tak menyebutkan kelima judul lagu tersebut selain Ya Ahlal Wathon. “Ada enam lagu dengan Hubbul Wathon ini yang akan kita usulkan menjadi lagu perjuangan nasional,” katanya.

Haul KH Wahab 2016Ia melanjutkan, bahwa lagu Ya Ahlal Wathon sudah disiapkan aransemen dan tone-nya oleh tim Direktur Kepahlawanan agar semakin menarik. Hanya saja pihaknya masih akan meminta persetujuan keluarga besar Mbah Wahab dalam prihal pengajuan dan perubahan syair atau terjemahan bahasa Arab ke Indonesia.

“Hanya menunggu persetujuan dari keluarga Mbah Wahab (panggilan KH Wahab Chasbullah, Red). Jika ini nanti disetujui, maka otomatis menjadi lagu perjuangan nasional bersama lima lagu kepahlawanan lainnya yang sekarang juga kami siapkan,” kata Khofifah diatas podium.

Penerjemahan sebagian kalimat berbahasa Arab kedalam bahasa Indonesia penting dilakukan untuk menghindari praduga negatif dari khalayak. “Karena kalau tetap berbahasa arab, kami khawatir lagu ini dikira lagunya ISIS. Itu kan bahaya. Tapi, semuanya tetap kami akan minta persetujuan keluarga,” lanjut Khofifah.

Ia pun mengatakan, sebelumnya sudah meminta elemen yang ada di NU agar selalu menyanyikan lagu ini saat mengadakan acara. Seperti acara diklat, seminar, maupun lainnya. “PMII, Fatayat, Muslimat sudah kami minta menyanyikan lagu ini saat acara. Jadi, ketika ini nanti disetujui keluarga, akan diproklamirkan saat hari pahlawan nasional. Dan akan menjadi lagu pahlawan nasional. Tidak lagi hanya lagu nasional NU,” tandas mantan Ketua PB Kopri PMII tersebut.

Menurutnya, lagu perjuangan nasional hingga saat ini memang kurang diperhatikan sehingga terkesan kurang produktif. “Sepertinya saya mulai dari TK tidak ada lagu perjuangan nasional ada yang baru,” ujarnya.

Lagu ‘Ya ahlal wathan’ itu diciptakan Mbah Wahab salah satu pendiri dan penggerak NU (Nahdlatul Ulama) jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1914. Untuk diketahui, berikut ini adalah lirik lagu Ya Ahlal Wathan:

Ya Ahlal Wathon Ya Lal Wathon Ya Ahlal Wathon
Hubbul Wathon minal Iman
Wala Takun minal Hirman
Inhadlu Ahlal Wathon
(2 X)

Indonesia Biladi
Anta ‘Unwanul Fakhoma
Kullu May Ya’tika Yauma
Thomihay Yalqo Himama

Pusaka Hati Wahai Tanah Airku
Cintaku dalam Imanku
Jangan Halangkan Nasibmu
Bangkitlah Hai Bangsaku
(2x)

Indonesia Negeriku
Engkau Panji Martabatku
Siapa Datang Mengancammu
Kan Binasa di bawah durimu. (SA/nujombangOnline)

Be Sociable, Share!

Add a Comment