Wali Murid Bangga Dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Siswa

Muallimin Online,
Wali murid kelas VI yang megikuti dan menyaksikan ujian baca kitab kuning merasa bangga dengan kemampuan yg dimiliki putra putri mereka. Hal ini terlihat saat wali murid menghadiri undangan Madrasah untuk menyaksiakan ujian baca kitab Fathul Wahab, pada Ahad (19/04/2015).

Menurut Ahsanun Naim, panitia ujian baca kitab dalam wall Facebook-nya, kehadiran wali murid untuk tahun ini sangat tinggi. “Kedatangan ortu 133 dari 154 (86.36%) ….. Alhamdulillah ….”, tulisnya dalam komentar FB.

baca kitabUjian baca kitab kuning dengan menghadirkan wali murid sudah dimulai sejak tiga tahun yang lalu, dan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Muallimin Muallimat. dalam hal ini lebih lanjut Ahsanun Naim dalam komentar FB-nya menyatakan, “ngundang ortu sudah mulai thn ajaran 2012/2013 …. dah 3 x ini …”.

Sedangkan menurut pengamatan Makshum Chudlori, M.Ag, Humasy Madrasah Muallimin, siswa-siswi sangat berani berani menyampaikan berbagai argumen dan dasar-dasar ilmu alat yg mereka miliki. “Saya melihat siswa-siswi sangat siap dengan materi ujian, sehingga saat ditanya oleh penguji mereka mampu berargumentasi dan menyampaikan dalil-dalil ilmu alat yang mereka pelajari dan kuasai”, terangnya.

Sebagaiamana yang menjadi agenda tahunan Madrasah Muallimin Muallimat 6 tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, ujian akhir membaca kitab kuning Fathul Wahab merupakan salah satu rangkaian ujian yang harus ditempuh oleh siswa-siswi kelas akhir disamping ujian tulis madrasah dan ujian praktek mengajar.

Dalam ujian baca kitab kunjing, penguji adalah para kiyai dan guru yang berasal dari luar Madrasah, bahkan dari luar Jombang. Dalam ujian, setiap siswa akan menghadapi dua orang penguji. (Maksum-mus)

Add a Comment