“Up Grade” Untuk Berfikir Kritis Dan Bertindak Realistis

Muallimin Online,
Untuk melatih dan memberikan pembekalan para calon organisator agar bisa menjadi pemimpin yang mumpuni, OSIS Madrasah Mu’alimin Mu’alimat menyelenggarakan kegiatan “Up-Grade”. Up-Grade berasal dari kata UP yang berarti MAJU dan GRADE yang berarti LANGKAH. UP-GRADE juga biasa diartikan dengan “Pembaharuan” dan “Penyegaran”.

peng-osis-2016Tetapi UP-GRADE disini diartikan sebagai kegiatan Diklat kepemimpinan dan keorganisasian yang merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian program-program OSIS masa abdi 2016/2017 bidang Pendidikan yang diadakan 1 kali dalam setahun. Kegiatan ini berlangsung di auditorium Madrasah Mu’alimin Mu’alimat (16/09), mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB dengan tema “BERPIKIR KRITIS BERTINDAK REALISTIS”.

Terdapat dua narasumber dalam kegiatan ini, yang salah satu diantaranya ialah perwakilan dari anggota MPS ( Majelis Permusyawaratan Siswa) Madrasah Mu’alimin Mu’alimat. Peserta diambil dari seluruh pengurus OSIS dan perwakilan kelas yang seluruhnya berjumlah 120 orang.

Ika Zuli Novitasari, ketua panitia kegiatan UP-GRADE, mengatakan bahwa, “Kegiatan ini juga merupakan ikhtiar OSIS bidang Pendidikan untuk melakukan pengkaderan siswi agar mampu dan mengetahui aturan main berkecimpung dalam dunia organisasi”.

Kemandirian dalam pendanaan, efektivitas struktur, tercapainya sasaran- sasaran program, loyalitas tinggi dari setiap anggota, komunikasi yang lancar dan minim konflik, tidak ada penyelewengan, perluasan pengaruh dan transformasi organisasi merupakan tolak ukur keberhasilan ,inilah salah satu poin penting yang dikemukanan Bapak Wildan Habibie S.Hum selaku narasumber utama pada kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan UP-GRADE ini diharapkan para OSIS baru dapat cepat menyesuaikan diri dengan apa yang dihadapinya dan berusaha menutupi segala kekurangan dari kepengurusan OSIS yang lalu. Dengan begitu cita-cita membawa nama Madrasah dalam lingkup yang lebih luas dapat mudah tercapai.

Add a Comment