Ujian Akhir Praktek Mengajar, Ujian Calon Guru

Muallimin Online,
Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas, sesuai dengan namanya –Muallimin-Muallimat– adalah sekolah guru. Karena itu, teori pendidikan dan ilmu jiwa (psikologi) diajarkan di Madrasah ini. Untuk mengevaluasi pelajaran teori pendidikan yang telah diajarkan, maka dalam salah satu rangkain ujian akhir Madrasah, siswa-siswi harus mengikuti ujian praktek mengajar. Ujian praktek mengajar ini turut menentukan kelulusan siswa.

Pada tahun pelajaran ini, setelah siswa-siswi Muallimin Muallimat mengikuti ujian akhir baca kitab, mereka harus mengikuti ujian akhir praktek mengajar, yang dilaksanakan pada Selasa-Kamis (18-20/04/2017).  Sebagaimana dalam tahun-tahun sebelumnya, tempat ujian praktek mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Tambakberas.

Menurut salah satu guru dan penguji ujian praktek mengajar, Hj. Iim Muniroh, S.Ag, ujian praktek mengajar merupakan tugas yang paling mendebarkan bagi siswa-siswi kelas akhir Muallimin Muallimat. “Mereka harus berekspresi dan berkreasi di depan murid-muird”, katanya.

Siswa siswi peserta ujian dibebaskan untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam mengajar murid-muridnya. Berbagai pendekatan digunakan oleh peserta ujian, agar dalam menyampaikan mata pelajaran bisa menarik. Alat peraga pengajaran yang digunakan juga bermacam-macam, tergantung tema yang dipilih.

“Saya salut dengan semangat dan jerih payah yang sudah diupayakan oleh anak-anak… Yang sudah melewati moment ini, pasti merasa plong, tinggal muwaddaah dan menunggu hasil akhir dari semua rangkaian ujian yang sudah dilaksanakan”, kata Bu Iim.

Ujian praktek mengajar bagi siswa-siswi diselenggarakan di Madrasah Muallimin Muallimat sejak madrasah ini berdiri pada tahun 1954 sampai saat ini. Tradisi ini tidak pernah ditinggalkan karena mandat Madrasah Muallimin Muallimat adalah menciptakan kader-kader guru yang menjadi pengajar keagamaan di tengah-tengah masyarakat, baik di madrasah maupun di masjid-masjid. (ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment