Ujian Akhir Baca Kitab: Penentuan Khusnul Khotimah


Muallimin Online,
Bagi siswa siswi, Ujian Akhir Baca Kitab merupakan penentuan khusnul khotimah belajar di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas.

Demikian disampaikan salah satu siswa kelas akhir, peserta Ujian Baca Kitab, M. Fahmi Ulin Nuha. “Ujian akhir Baca Kitab, bagi kami kelas 6 ini merupakan penentuan, apakah kami khusnul khotimah atau tidak saat belajar selama 6 tahun di Madrasah Muallimin Muallimat”, katanya mantab.

Bagi siswi peserta Ujian lainnya, Dina Dwi Vidhi Agustin dan Ana Lestari, menghadapi Ujian Akhir Baca Kitab jauh lebih menegangkan, lebih nervous dan lebih grogi daripada saat menghadapi UNBK. Apalagi saat ujian ditunggui orang tua. “Leboh nervous, gugup, amazing…tidak bisa berkata apa-apa”, katanya kompak.

“Dalam menghadapi ujian ini, kami sudah menyiapkan jauh-jauh hari. Bahkan Madrasah juga memfasilitasi siswa siswi untuk secara khusus mengikuti bimbingan. Jadi kami tidak main-main dalam menghadapi ujian ini”, katanya.

Saat di tanya apa harapannya dalam Ujian ini? Fahmi mengatakan, semoga diberi kelancaran, dan selanjutnya bisa mengamalkan apa yg telah dipelajari selama ini. “Semoga bermanfaat dan bisa menjalankan semua ilmu yang diperoleh , terutama dalam akhlaq”, terangnya.

“Kami juga sangat berharap bisa memetik barokah dari seluruh kiyai penguji. Ujian ini juga bisa melatih mental kita saat di tengah-tengah masyarakat, karena yang menguji bukan sembarang orang”, lanjutnya. (ma)

Be Sociable, Share!