TIM RUKYAT BERHASIL MELIHAT HILAL 1 SYA’BAN

Muallimin Online,
Dalam praktek rukyatul hilal, yang diselenggarakan di Bukit Condrodipo Gresik, Tim Falakiyah Madrasah Muallimin berhasil melihat hilal 1 Sya’ban 1437 H. Hal ini pertanda bulan sudah memasuki Sya’ban.

Tim yang dipimpin oleh pengampu Ilmu Falak, Drs. KH. Abdul mujib Adnan MA, berangkat dari Jombang pada Sabtu (07/05/2016) siang, dan siswa yang masuk dalam tim adalah seluruh siswa kelas V MMA, yang sudah mempelajari Ilmu Falak sejak kelas IV, dan sudah saatnya praktek lapangan melihat bulan baru (rukyatul hilal).

Setelah menunnggu sekian waktu, dan menyiapkan segala sesuatunya, terutama mengukur lokasi hilal akan muncul dengan hitungan (hisab) Falak, maka tepat sesuai dengan hitungan yang telah dilakukan, semua siswa berhasil melihat bulan, bahkan dengan mata telanjang. Rasa puas dan bahagia terlihat terpancar dari raut wajah para siswa sambil mengucap takbir dan tahmid.

Menurut Kepala Madrasah, KH. Abd Nashir Fattah, kegiatan ru’yah hilal ini harus dilakukan oleh para siswa MMA yg merupakan calon generasi ulama’ Nahdlotul Ulama’ masa depan yg mengedepankan ru’yah dlm penentuan 1 Romadlan dan 1 Syawal tiap tahaunnya. (mak)

Add a Comment