Tidak Semua Madrasah Mengajarkan Ilmu Seperti Di Madrasah Ini


Muallimim Online,
Tidak semua Madrasah mengajarkan ilmu yang dipelajari di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum. Demikian disampaikan KH Lukman Hakim Mahfudz, Ketua Program Khusus Madrasah, saat apel siswa siswi Madrasah.

Di awal tahun pembelajaran ini, Madrasah menyelenggarakan apel bagi seluruh siswa siswi dalam rangka memberikan motivasi belajar kepada siswa siswi agar bisa mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan tekun dan semangat, serta sosialisasi tentang tata tertib madrasah.

Apal diselenggarakan Madrasah 3 kali di dua tempat. Pada Sabtu pagi (28/07) apel di selenggarakan di halaman gedung Madrasah Muallimin untuk siswa Muallimin kelas 1A, 1B sampai kelas 6, serta pada hari yang sama, sore harinya, apel di gedung II diselenggarakan untuk siswa kelas 2A dan 3A. Selnjutnya pada Ahad pagi (29/07/2018) dilaksanakan apel bagi siswi Muallimat di Aula Madrasah Muallimat.

Dalam kesempatan apel di Madrasah Muallimin, Kepala Madrasah yang diwakili KH Lukman Hakim, Ketua Program Khusus, menyampaikan bahwa, kita harus banyak bersyukur karena kita belajar di Madrasah Muallimin. Karena di Madrasah ini berbeda dengan yang lain.

Sementara itu dalam apel siswi Muallimat, Wakil Kepala Madrasah, KH Abdul Rohim Maruf, menyampaikan kepada para siswi untuk banyak bersyukur. “Man yuridilllahu khoiron yutafaqqohu fiddin. Di era millenial ini, masih ada yang dikehendaki oleh Allah belajar ilmu agama, maka dari itu kalian harus bersyukur”, tuturnya.

“Hal-hal yang bersifat duniawi, namun dilakukan dengan niat yang baik, maka bisa menjadi amaliyah ukhrowi” katanya.

“Peran perempuan juga cukup potensial untuk menciptakan generasi Qur’ani, karena sekarang sudah banyak pemimpin-pemimpin perempuan”, sambungnya di depan seribuan lebih siswi Muallimat.

Senada dengan Kepala Madrasah, KH Lukman Hakim, setelah itu juga menuturkan, seperti yang juga telah disampaikan saat apel dengan siswa Muallimin sehari sebelumnya bahwa, kita harus banyak bersyukur. “Pada hari ini kita harus bersyukur bahwa, sampai saat ini kita telah diberikan oleh Allah nikmat yang sangat besar. Karena ilmu yang kita pelajari di Madrasah Muallimin Muallimat adalah pelajaran yang lengkap, yang tidak semua sekolah ada. Karena Madrasah kita adalah lain dari yang lain. Apakah ada di Madrasah Aliyah pelajaran ilmu Arudl? Tidak ada. Mungkin di madrasah kita ini adalah Madrasah satu-satunya di Jombang yang mempelajari ilmu arudl”, tutur Kiai Lukman Hakim disambut dengan tepuk tangan para siswi.

“Untuk menunjukkan rasa syukur kita karena kita dipilih oleh Allah untuk menempuh pendidikan di sekolah terbaik Insyaallah, maka dari itu yang pertama yang harus kita lakukan adalah membaca bismillah disetiap pekerjaan yang kita lakukan. Yang kedua adalah dengan mentaati peraturan dan tata tertib madrasah”, lanjut Kiai Lukman

Kiai Lukman juga menerangkan pentingnya adab atau akhlaqul karimah “Bil adabi yufhamul ilmu, wa bil ilmi yasihhul amalu, wa bil amali yunaalul hikmah, wa bil hikmah yunaaluz zuhud, wa biz zuhud yutrakud dunya, ilaa alhirihi (dengan tata krama/adab ilmu bisa dipahami, dengan ilmu amal bisa sah, dengan amal bisa diperoleh hikmah, dengan hikmah zuhud bisa didapat, dengan zuhud dunia fana bisa ditinggalkan…, red) sampai kepada diperolehnya ridlo Allah SWT”, jelasnya

“Apel pagi ini dalam rangka sosialisasi KBM, biar siswa lebih ‘greng’ dalam belajar”, kata Bapak Bambang Hariadi, Waka kesiswaan, sebelum apel dimulai.

Dalam kesempatan tersebut Pak Bambang juga mengingatkan kepada semua siswa tentang kewajiban hafalan nadham al Fiyah ibn Malik (Nahwu) dan al amtsilah attshrifiyah (Shorof). “Sudah ada jadwal lalaran yang sudah ditempelkan di kelas, itu juga harus dilaksanakan”, terang beliau (inh/ma)

Be Sociable, Share!