Tanda Ilmu Manfaat Adalah Berakhlaq Karimah


Muallimin Onine,
Tanda-tanda orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat, yang paling langsung bisa dilihat adalah orang tersebut memiliki akhlaq karimah atau budi pekerti yang luhur.

Demikian disampaikan Ketua Program Khusus A Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum, KH Lukman Halim Mahfudz, dalam kegiatan apel pagi, pada Sabtu (27/01/2018).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman Madrasah Muallimin II dusun Gedang Tambakberas tersebut, lebih lanjut Kiyai Lukman menyampaikan bahwa, untuk melihat ilmu bermanfaat, tidak perlu menunggu nanti, tapi bisa dilihat setelah menerima ilmu, yang salah satunya adalah menjadikan orang tersebut memiliki akhlaq yang karimah (mulia).

Berkaitan dengan kewajiban para siswa, Kiyai Lukman selanjutnya mengingatkan tentang kewajiban-kewajiban siswa, salah satunya yaitu muhafadloh (hafalan) Alfiyah dan Shorof.

“Untuk hafalan Alfiyah, kalau bisa menyelesaikan hafalan lebih cepat akan memiliki nilai lebih. Kalau diselesaikan sekarang nilainya 9, kalau nanti 7. Artinya kalau selesai sekarang kalian akan dapat nilai lebih 3 yang bisa membantu nilai lain”, jelas Kiyai Lukman.

Sedangkan untuk muhafadloh Shorof, lebih lanjut Kiyai Lukman menyampaikan ketentuannya adalah, untuk Kelas 1A Bab III dan IV Tsulasi Mujarrod; Kelas 2A Tsulasi Mazid Ruba’i dan; Kelas 3A Tsulasi Mazid Khumasi.

Dalam kesempatan apel tersebut, Wakil Kepala Madrasah, KH Imron Rosyadi, juga menyampaikan pesan motivasi. “Ada empat macam orang. Orang yang tahu kalau dia tahu, orang yang tidak tahu kalau dia tahu, orang yang tahu kalau dia tidak tahu dan, orang yang tidak tahu kalau dia tidak tahu. Kalian jangan sampai jadi yang terakhir”, pesannya.

Hadir juga dalam apel pagi ini semua guru pengajar jam pertama. (ma)

Add a Comment