Tahun Ini Awal Puasa Dilalui Dengan Ujian

Muallimin Online,
Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini siswa-siswi Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum tidak mengikuti ngaji hataman kitab kuning di Madrasah. Mereka harus menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Semester Dua, yang diselenggarakan selama 10 hari, mulai Sabtu-Kamis (27/05-08/06).

Walaupun bulan puasa, dan siswa-siswi menjalani ibadah puasa bulan Ramadhan, UKK yang dilaksanakan tetap bisa diikuti dengan baik. Tentu, karena ritme tidur malam dan bangun pagi berbeda dengan hari-hari biasa, maka terasa sedikit berat bagi mereka dalam menjalani ujian.

Sementara di Pondok Pesantren, mereka juga mengikuti kegiatan hataman kitab kuning yang dibaca oleh kiyai-kiyai pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. Sangat padat kegiatan pada bulan Ramadhan seperti ini. Namun menurut salah satu siswa asal Jombang, padatnya kegiatan saat bulan Ramadahan seperti sekarang, apalagi bersamaan dengan UKK, justru menghilangkan beratnya puasa, karena puasa semakin tidak terasa. “Tidak terasa waktu sudah dluhur, terus Ashar, dan Maghrib. Terasa sangat cepat”, katanya.

Dari pantauan di lapangan, terlihat siswa-siswi Muallimin dan Muallimat tetap bersemangat dalam mengikuti UKK, meskipun mereka harus juga mengikuti ngaji kilatan Ramadhan. Tentu, ada satu dua orang siswa yang terlihat lemas kurang tenaga dan terlihat masih mengantuk. (ma)

Add a Comment