Syiir “Bi Jiddin” Kembali Disampaikan Menjelang Ujian


Muallimin Online,
Syiir bi jiddin la bi jaddin kullu majdin, fa hal jaddun bila jiddin bi majdin (dengan kesungguhan, tidak dengan membanggakan seorang kakek kemulyaan diperoleh. Apakah dengan membanggakan kakek, tanpa kesungguhan kemulyaan akan diperoleh?) kembali disampaikan kepada siswa Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum.

Kali ini disampaikan KH Lukman Hakim Mahfudz, Ketua Program Khusus Kelas A, saat memberikan pengarahan dalam apel pagi sosialiasai pelaksanaan ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT), pada Sabtu (12/05).

Saat almarhum KH Abdul Djalil menjabat sebagai kepala Madrasah, sekitar tahun 80 sampai tahun 90-an, syiir tersebut selalu disampaikan. Kiyai Djalil menyampaikan syiir tersebut terutama ketika siswa Muallimin atau Muallimat menghadapi ujian Madrasah.

Kiyai Djalil, saat masih menjadi kepala madrasah dan mengajar, seakan tidak ada bosan-bosannya berpesan kepada siswa bahwa, hanya dengan kesungguhan, keberhasilan, kesuksesan dan kemulyaan bisa didapatkan. Kesuksesan dan kemulyaan tidak biaa diperoleh hanya mengandalkan orang tua.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari itu, dibagi menjadi tiga. Pada pukul 07.00-08
30 WIB sosialisasi dilaksanakan di Gedung Timur yang diikuti siswa Program Khusus mulai kelas 1A sampai 3A.

Setelah itu, sosialisasi dan istighotsah dilaksanakan di Aula Gedung Induk yang diikuti oleh kelas 1B sampai kelas 5 siswa Muallimin.

Sedangkan pada pukul 15.00 WIB, sosialisasi dan istighotsah juga dilaksanakan di Aula Gedung Induk yang diikuti oleh kelas 1A, 2A, 3A, 1B sampai kelas 5 siswi Muallimat.

Siswa siswi Muallimin Muallimat akan mengikuti ujian mulai Senin (14/05), didahului dengan Ujian Baca Kitab. (ma)

Be Sociable, Share!