Syech Yusri: Ibda’ Binafsik (Mulailah Dari Diri Sendiri)

Muallimin Online,
Dalam ceramah-nya di Madrasah Muallimin Muallimat pada Sabtu (21/01/2017), Syech Yusri al Hasani menekankan Hadist Nabi, Ibda’ Binfasika tsumma Man Ta’ulu (Mulailah dari diri anda dan orang-orang yang ada disekitarmu), terutama dalam menyebarkan dakwah Islam di saat hidup didunia banyak dipenuhi dengan fitnah.

Perintah Nabi SAW tersebut terutama dalam menanggapi ajakan-ajakan untuk membangun khilafah Islamiyah. Menurutnya, banyak orang mengajak atau memulai untuk mengajak mendirikan khilafah. “Padahal kita tidak dimintai pertanggung jawaban untuk itu, kita diminta pertanggungjawaban tentang dari diri kita sendiri dan orang-orang dekat kita”, katanya.

Mulailah dari diri sendiri, kemudian kepada orang-orang terdekat: anak, istri dan, keluarga untuk berbuat kebaikan, tidak dimulai dari membangun khilafah dulu. “Kita harus berusaha untuk berbuat bagi diri kita dan orang-orang dekat kita dulu agar bisa lebih baik, karena Inna Allah La Yughoiyyiru Ma Biqoumin Hatta Yughoiyyiru Ma Bi Anfusihim (Allah tidak mengubah suatu kaum sampai kaum itu mengubah diri mereka sendiri)”, lanjutnya.

Selama sekitar 2 jam, Syech Yusri banyak berbicara tentang kondisi politik, ekonomi dan sosial budaya di dunia. Beliau berbicara bagaimana kelompok Wahaby mempergunakan ayat-ayat al Qur’an yang tidak sesuai, padahal digunakan untuk membunuh atau memerangi. Misalnya, ayat Umirtu An Uqotilannas (Saya diperintah untuk membunuh/memerangi manusia). Perintah dalam ayat ini dikhususkan kepada Nabi, bukan kepada yang lain, dan orang-orang (manusia) yang diperangipun adalah orang kafir Arab saat itu.

Menurutnya, umat Islam di Indonesia jumlah sangat banyak. Umat Islam di seluruh Arab hanya separuh dari jumlah umat Islam di Indonesia, karena itu dia juga berharap Umat Islam Indonesia menjadi Umat Islam yang meneladani Rasulullah SAW, dengan melakukan dakwah tanpa paksaan, dan bersikap baik kepada siapapun.

Dalam forum yang diberi Judul al Muhadlarah al Aammah Al Alamiah tersebut dihadiri sekitar 500-an Kiyai, Guru, undangan dari berbagai orgnisasi, siswa-siswi di Madrasah Muallimin Muallimat Tambakberas(ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment