Sosialisasi SIGAP, Gus Jabbar : Santri Wajib Ngaji, Jamaah, dan Mentaati Peraturan


Muallimin Online,
Setelah mengadakan sosialisasi di Gedung Timur Madrasah Muallimin pada Senin (19/02), hari ini (25/02) Satuan Keamanan dan Ketertiban SIGAP Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada siswa Madrasah Muallimin 6 Tahun Bahrul Ulum di gedung induk.

Hadir dalam sosialisasi yang dilaksanakan di aula Madrasah tersebut, pimpinan SIGAP antara lain Agus H. Abdul Jabbar Hubbi, M. Taqiyudin Imam Mawardi, S.Hi, dan Agus Taqiyyudin Alawy. Juga tampak hadir di tengah-tengah siswa beberapa guru dan piminan Madrasah.

Sebelum sosialisasi dilakukan, Wakil Kepala Madrasah, Drs H. Abdur Rohim Ma’ruf, SH, menyampaikan mengenai dampak pelanggaran bagi siswa. “Pelanggaran juga akan berpengaruh negatif pada keberhasilan siswa ketika berada di madrasah maupun ketika sudah pulang di kemudian hari”, terangnya.

“Madrasah kita ini mau tidak mau sudah menjadi contoh bagi madrasah lain di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, maka dari itu kita juga harus siap menyajikan sebuah percontohan yang baik”, lanjutnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Gus Jabbar menuturkan kewajiban-kewajiban pokok seorang santri. “Santri itu punya tiga kewajiban utama, yaitu wajib ngaji, wajib jamaah, juga wajib menaati peraturan pondok. Itu yang disyaratkan oleh Kiai Hamid ketika ada seorang yang mau menjadi santri beliau”, katanya.

Selain itu Gus Jabbar juga menekankan bahwa seorang santri harus mempunyai nilai dan jiwa kejujuran. “Santri harus punya jiwa kejujuran, kalau tidak punya maka akan selalu mencari celah untuk melakukan kesalahan serta punya sikap pembenaran pada tindakan yang ia lakukan”, pungkasnya. (inh/ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment