Siswi Muallimat Selenggarakan MUSA


Muallimin Online,
Menjelang pelaksanaan Konferensi Organisasi Siswa Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, perwakilan kelas Madrasah Muallimat menyelenggarakan Musyawarah Siswa (MUSA), Kamis-Jumat (02-03/07)

Dalam musyawarah ini, dilakukan perencanaan strategis (Renstra) Organisasi Siswa Madrasah untuk masa 3 (tiga) tahun atau 3 (tiga) masa khidmat.

Alur Renstra yang disepakati oleh peserta musyawarah adalah: 1. Analisis Visi, 2. Analisis Misi, 3. Analisis SWOT, 4. Merumuskan masalah-masalah strategis selama 3 tahun dan, 5. Menyusun program strategis 3 tahun. Program strategis ini selanjutnya yang akan dijadikan Pokok-pokok Program yang akan disahkan dalam Konferensi Siswa.

Musyawarah yang diselenggarakan di salah satu ruang kelas 6 ini, diikuti oleh Pengurus Organisasi Siswa Madrasah masa khidmat 2017/2018, Badan Permusyawaratan Siswa dan, perwakilan kelas 3 dan kelas 4.

Ketua Organisawi Siswa Muallimat, Rahmah Khoirunnisa, membuka kegiatan Musa dengan harapan, musyawarah ini bisa menghasilkan Pokok-pokok program yabg akan disahkan dalam Konferensi Siswa.

Proses MUSA
Alur pertama pelaksanaan Musa kali ini dilalui dengan melakukan analisis Visi Organisasi Siswa Muallimin Muallimat. Analisis dilakukan dengan cara, semua peserta yang berjumlah 20 siswi menuliskan jawaban dari pertanyaan, apa gambaran ideal di masa depan terkait organisasi siswa?

Dari pertanyaan ini, beberapa peserta masih terlihat bingung. Karena luasnya pertanyaan. Selanjutnya peserta dibantu dengan pernyataan, ganbaran tersebut terkait dengan organisasi siswa serta sikap, pengetahuan dan keterampilan anggota organisasi.

Dari sini, peserta bisa menuliskan dalam kertas metaplan yang dibagikan kepada semua peserta. Setelah itu, deskripsi jawaban dikumpulkan dan dirumuskan menjadi rumusan Visi: Mewujudkan Organisasi Siswa Madrasah yang mampu mencetak kader-kader yang berakhlaq, berilmu dan inovatif.

Alur selanjutnya, peserta mermuskan Misi, dengan menjawab pertanyaan: secara umum apa yang akan dilakukan/diselenggarakan untuk mencapai visi tersebut? Kembali peserta menuliskan di kertas metaplan. Setelah itu dikumpulkan dan dideskripsikan Misi antara lain 1. Melakukan penguatan dan pembenahan mekanisme organisasi siswa, 1. Menggunakan sarana yang ada untuk organiaasi, 3. Mengembangkan sumberdaya manusia organisasi, 4. Mengelola pendanaan dengan baik dan, 5. Menjalin komunikasi dengan pihak lain.

Merumuskan Masalah Strategis
Setelah Visi san Misi sudah dirumuskan, selanjutnya melakukan analisis SWOT (strengthening, weakness, opportunity and threat)/ kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, untuk masa 3 tahun mendatang.

Dari proses analisis ini, dengan melihat visi dan misi yang telah dirumuskan, selanjutnya dirumuskan 3 (tiga) masalah strategis 3 tahun, yaitu 1. Masih lemahnya aturan, mekanisme, program yang dimiliki organisasi siswa, 2. Masih lemahnya sumberdaya manusia organisasi dan, 3. Masih lemahnya jalinan komunikasi dengan pihak lain.

Menyusun Program Strategis
Dari analisis untuk menemukan masalah-maaalah strategis di atas, rumusan program strategia selama 3 tahun meendatang dirumuskan sebagai berikut: 1. Program pengembangan mekanisme organisasi, 2. Program penguatan dan pengembangan sumberdaya manusia, 3. Ptogram pengembangan hubungan luar.

Ketiga program ini, yang masing-masing sudah diberi indikator, selanjutnya menjadi Pokok-pokok Program yang akan disahkan dalam Konferensi Siswa, yang akan diisi dengan materi Laporan Pertanggungjawaban, pembahasan dan pengesahan Pokok-pokok Program dan, Pemilihan ketua. (ma)

Be Sociable, Share!