Siswi Muallimat Kembali Menggelar Bahtsul Masail


Muallimin Online,
Bahtsul Masa’il merupakan forum musyarawah yang telah menjadi ciri khas pondok pesantren. Tujuan dari Bahtsul Masa’il adalah mencari solusi atas permasalahan dengan berdasar ibaroh (dalil) dalam kitab-kitab kuning.

Madrasah Mu’allimin Mu’allimat sebagai madrasah yang berbasis pesantren, untuk yang kesekian kalinya terus melestarikan tradisi Bahtsul Masa’il.

Pada Jum’at (16/02), OSIS Madrasah Mu’allimin Mu’allimat melaksanakan kegiatan Bahtsul masa’il yang diikuti para siswi dari delegasi dari masing-masing kelas.

Untuk mengarahkan proses bahtsul masail, salah seorang guru Madrasah, K. Sholahuddin Shofwan, turut serta sebagai mushohih (pengarah) sekaligus pembina. Sedangkan untuk mengatur jalannya bahtsul masail kali ini, forum dipimpin oleh seorang moderator, yaitu Ridail Maghfiroh dan seorang notulen, Fadhilah Ulum.

Dalam kesempatan tersebut, K Sholahuddin Shofwan mengarahkan para siswi bagaimana cara mengemukakan pendapat dalam forum bahtsul masa’il; bagaimana tahap-tahap mencari ibaroh dalam kitab dan; bagaimana cara menjadi moderator.

Kegiatan ini merupakan latihan bagi para siswi untuk ikut berpartisipasi dalam forum Bahtsul Masa’il dengan harapan para siswi dapat menjadi aktifis bahtsul masa’il dimasa yang akan datang. (inh/ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment