Siswa Siswi Muallimin Mualimat Ikut Imunisasi Rubella


Muallimin Online,
Pagi ini, ada pemandangan berbeda di Madrasah Muallimat yang berlokasi di PP Alfathimiyyah Bahrul Ulum. Beberapa siswi terlihat meringis dan sebagian ada yang ketakutan. Sementara yang lain tampak dibuka lengannya, sambil menutup mata dan merangkul temannya. Sementara disampingnya tampak seorang petugas kesehatan menginjeksi lengan bagian atas siswi.

Pemandangan tidak biasa tersebut adalah bagian dari pelaksanaan program kesehatan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada hari ini, Sabtu (19/08), siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum mengikuti imunisasi Measles Rubella.

Menurut Nur Diana, Bidan Puskesmas Pembantu Tambakberas, dalam sehari ini pihaknya menyediakan 350 vaksin untuk 350 anak. “Yang wajib mengikuti vaksin adalah anak usia 9-14 tahun”, katanya.

Sesangkan menurut Ahsanun Naim, M.Pdi, salah satu staf Madrasah, siswa dan siswi yang mengikuti vaksinasi ini adalah siswa kelas I dan II yang belum menginjak umur 14 tauun.

“Kami menyediakan tempat untuk imunisasi ini di kelas Madrasah yang berlokasi di PP Al Fathimiyyah dan di Pondok Induk. Seluruhnya untuk hari ini ada 350 siswa siswi”, katanya.

Menurut petunjuk teknis yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent. (Ma)

Add a Comment